Hoi Holland!!

Dari dulu saya belum pernah ke luar negeri. Meskipun sempat beberapa kali ada kesempatan untuk keluar negeri, tapi ujungnya selalu gagal. Bahkan sekedar rencana jalan-jalan ke Singapura, tiket juga sudah dibeli, pun tidak jadi berangkat. Makanya saya sempat dianggap memiliki ‘kutukan’ yang menghalangi saya ke mancanegara (maksa banget :v)

Tapi akhirnya kutukan tersebut terpatahkan.. Tanggal 17 Agustus kemarin, saya berhasil mendarat di bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda. And finally, here I am!!

h2c in delft

Selama 2 tahun ke depan insyaa Allah saya akan studi di Technische Universiteit Delft, Magister Computer Science, track Data Science and Technology. Mengapa saya ke sini? Bagaimana saya bisa sampai sini? Ngapain aja di sini? Bagaimana kehidupan di sini? Insyaa Allah kalo sempat saya bakal share di blog ini (sempet-sempetin lah ndra, males banget ih >_<)

Kesan pertama di sini sih, nih negara teratur banget, ya sebagaimana tipikal negara-negara maju, apalagi di Eropa. Bangunan-bangunan tersusun rapi, jalanan lebar dan bagus, serta fasilitas umumnya komplit dan canggih. Yah semoga saja saya bisa betah di sini. Hidup nyaman, kuliah lancar, pengalaman nambah, punya banyak teman dari berbagai negara, bisa bermanfaat bagi orang lain, dan tentu saja tetap selalu ingat Yang Di Atas. Mohon doanya yaaa ^^

Pre-Departure Briefing Holland Students 2015

pre departure briefing 2015

Hari Sabtu kemarin saya bela-belain pergi ke Jakarta lagi demi mengikuti Pre-Departure Briefing. Ini adalah program yang diselenggarakan Neso Indonesia yang ditujukan untuk seluruh mahasiswa Indonesia yang akan studi di Belanda. Ternyata yang dateng banyak banget,.. ratusan… karena berbagai mahasiswa, baik bachelor, master, short-couse, maupun exchange ngumpul semua di sini. Maklum sih, Belanda emang salah satu negera tujuan favorit di Eropa untuk melanjutkan studi. 🙂

Pre-Departure Briefing ini diawali dengan sambutan-sambutan. Salah duanya dari Meneer Mervin Bakker (Direktur Nuffic Neso Indonesia) dan Pak Bambang Hari Wibisono dari KBRI. Selanjutnya berbagai acara seru pun ditunjukkan. Ada video overview Belanda. Ada presentasi mengenai beasiswa StuNed dari para awardee-nya. Setelah itu ada kuis yang dikoordinir oleh Meneer Mervin. Hadiahnya berupa voucher belanja looh.

  • Kuis Topi Oranye

Nah kuis ini cukup seru karena semua peserta yang hadir bisa ikut. Peraturannya sederhana. Setiap peserta diberi topi. Nanti diberi pertanyaan dengan pilihan jawaban A & B. Jika kita memilih A maka topinya dipake. Jika memilih B maka topinya tidak dipake. Bagi yang menjawab salah akan tereliminasi. Begitu seterusnya hingga tersisa 1 orang terakhir yang menjadi pemenangnya.

Berbagai pertanyaan pun dilontarkan, seperti apa ibukota Belanda, tanggal berapakah King’s Day, perusahaan mana yang 100% milik Belanda, dst. Saya sendiri gagal saat menjawab pertanyaan “Which is the largest university in The Netherlands? A. Utrecht University, B. University of Amsterdam”. Hayo, kira-kira jawabannya yang mana hayooo.. Setelah 15 pertanyaan, akhirnya tersisa 4 peserta. Lalu muncullah pertanyaan terakhir yang menjadi penentu, kali ini soal isian singkat: “The estimated distane between The Netherlands and Indonesia is…”. Alamaaak, susah kali itu pertanyaan, saya sendiri juga nggak pernah ngukur, hahaha.. Akhirnya pemilik jawaban yang paling mendekati pun menang. Selamat yaa.. ^^

  • Sketsa Kehidupan di Belanda.

Sesi selanjutnya adalah penjelasan mengenai kehidupan mahasiswa di Belanda. Yang bikin seru, presentasinya tidak hanya berupa slide tetapi juga melalui drama yang diperankan oleh para alumni. Continue reading

Reunian Magelang & Jogja Day 2 – Punthuk Setumbu & Ullen Sentalu

Postingan sebelumnya telah menceritakan hari pertama pada reunian alumni sekelas Semesta lustrum 2, yakni mengunjungi rumah teman-teman kami di Magelang. Pada hari selanjutnya, kami jalan-jalan ke Punthuk Setumbu dan Ullen Sentalu.

  • Punthuk Setumbu

Sunrise di Punthuk Setumbu

Tujuan jalan-jalan pertama kami yaitu ke Punthuk Setumbu, sebuah bukit yang terletak sekitar 5 km dari Candi Borobudur. Akhir-akhir ini tempat tersebut memang cukup terkenal dan menarik banyak wisatawan dan turis karena pemandangannya yang sangat keren. Kami bela-belain berangkat jam 4 pagi demi mengejar sunrise di sana. Yah tapi tidak sia-sia, kami akhirnya bisa menyaksikan indahnya mentari terbit di sela-sela gunung Merapi dan Merbabu yang masih berbalut kabut. Candi Borobudur juga terlihat dari sana. Sayangnya kami cuma motret pake HP kamera, jadi kurang maksimal.

Dari situ, kami sekalian berjalan mengikuti jalan setapak menuju Gereja Bukit Merpati. Memang bangunan ini cukup unik, berbentuk seperti merpati yang memakai mahkota. Setelah puas kami pun sarapan dan melanjutkan jalan-jalan ke  Jogja. Sedangkan Qoni abla kembali ke rumahnya.

Punthuk Setumbu Continue reading

Reunian Magelang & Jogja Day 1 – Family Visit

Reunian di Rumah Etka Anne

Lima tahun yang lalu, saya dan teman-teman alumni sekelas Semesta mengadakan reuni di Jogja. Tahun ini pada tanggal yang sama, kami reunian lagi. Hanya saja dengan anggota yang lebih sedikit, tetapi ditambah keluarga baru 🙂

Sabtu, 1 Agustus 2015 jam 5 pagi, saya sudah get ready untuk ke Stasiun Solo Balapan. Jam 6.15, Joglo Ekspress yang saya naiki meluncur menuju Jogjakarta.

  • Concat

Bukan, ini bukan fungsi untuk menggabungkan string (concatenation). Ini adalah singkatan dari Condong Catur, sebuah daerah di Jogjakarta tempat kediaman Sunni dan istrinya berada. Sekitar jam 7.30 saya dijemput Sunni di Lempuyangan dan mampir dulu ke sana untuk sarapan. Lorenz sudah ada di sana, karena keretanya dari Jakarta sudah tiba jam 6 pagi.

Dari sana kami pun bersiap-siap menuju Magelang dengan motor. Sunni berboncengan dengan Dian, belahan jiwanya. Sedangkan saya bersama Lorenz menggunakan motornya Dian. Petualangan geng motor pun dimulai..

  • Etka Anne

Tujuan pertama kami adalah rumah suaminya Utami (Taqwim abi, alumni semesta juga). Qonitina sang penguasa Magelang juga ke sana langsung dari rumahnya. Di situ lah kami bertemu Akhmad Etka Avicenna, ponakan baru kami yang baru berumur 1 bulan. Karena itu lah Utami punya julukan Etka Anne (ibunya Etka). Akhirnya semua anggota reuni kali ini pun komplit: Hendra, Sunni, Dian, Lorenz, Qoni, Utami, Etka. Continue reading

Liburan Lebaran di Umbul Ponggok

Liburan Umbul Ponggok

Sabtu lalu, saya dan keluarga mengadakan dolan bersama, mumpung ponakan-ponakan saya masih pada liburan. Awalnya kami berencana mau ke Pantai Indrayanti, Jogja. Tapi berhubung jauh dan kayaknya bakal macet banget (masih suasana libur lebaran gituh), maka kami putuskan untuk ke Umbul Ponggok, Klaten. Tapi Klaten-nya masih deket-deket Delanggu, Solo kok, hehehe..

Umbul Ponggok ini adalah sebuah kolam renang yang cukup luas, dan di dalamnya ada banyak batu karang dan ikan. Jadi pada dasarnya, di sana kita bisa snorkeling tanpa perlu jauh-jauh ke laut. Di situ, airnya cukup jernih dan tidak amis karena dialirkan dari mata air . Alhasil kita bisa menikmati pemandangan ikan yang berenang kesana-kemari di dalamnya. Namun, berhubung isinya air tawar, maka ikannya nggak jauh-jauh sama nila, kakap, dan bawal, hahaha.. Tapi tetap keren kok, besar-besar dan warna-warni ikannya. Kadang mereka menggerombol dan bisa kita pegang-pegang. Apalagi pake teknik menggenggam roti seperti yang pernah saya ceritakan di Krakatau. Continue reading