‘Ospek’ Ala TU Delft

Ospek TUDelft

Saat menjadi mahasiswa baru di suatu universitas, biasanya ada semacam acara orientasi untuk mengenalkan maba pada lingkungan pendidikannya. Di Indonesia biasa dijuluki ‘ospek’. Begitu juga di TU Delft, acara orientasinya disebut Introduction Programme, dan ini dilaksanakan selama seminggu pertama sebelum kuliah dimulai. Orientasi ini memang sangat penting, terutama bagi mahasiswa dari negeri jauh kayak kami ini yang masih butuh pengarahan. Kita bisa belajar bagaimana berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai negara dengan keunikan masing-masing, mengenal lingkungan baru, budaya baru, dsb.

Namun, di sini orientasinya seru, penuh senyuman. Nggak pake ada sesi senior marah-marah yang bikin tekanan batin. Justru senior dan para panitia bagaikan peri kakak yang memastikan adik-adiknya bahagia dan betah di sini *ceilleee.. Berikut beberapa acaranya:

1. City Rally

Saat Introduction Program, kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok didampingi seorang coach. Kegiatan pertama kami yaitu city rally. Setiap kelompok ditugaskan berkeliling kota Delft dan menjalankan beberapa misi, misalnya pergi ke stasiun dan mengajak random stranger buat foto bareng. Pada saat berangkat, tiap kelompok diberi sebuah balon. Selama perjalanan, balon itu harus ditukar dengan lain secara berantai sehingga lama-lama bisa mendapat barang lain yang jauh lebih berharga. Ternyata ada kelompok yang berhasil sampai dapet lapotp, bahkan kapal karet, hebat yaa.

2. Water Rocket Project

Ini adalah salah satu program ‘serius’ saat orientasi.  Tiap kelompok diberi tugas membuat roket air. Konsepnya sederhana. Botol gede dikasih sirip dan moncong kayak roket, trus nanti diisi air, dipompa, dan blasttt… ‘roket’ ini bakal melesat tinggi ke udara. Lalu sampe di atas parasut akan terbuka dan roketnya jatuh perlahan. Siapa yang lebih lama di udara, dia yang menang.

Tantangan terbesar yaitu bagaimana agar parasutnya bisa berhasil terbuka saat roket sampai di atas. Karena meskipun roket bisa melesat tinggi, tapi kalo parasutnya nggak mau kebuka tentu saja langsung jatuh. Di sini lah jiwa engineer kami diuji, bagaimana memanfaatkan aerodinamika dan merancang mekanisme parasut sehingga roketnya berhasil meluncur dan turun perlahan. *tapi ujung2nya juga trial error sih, hihihi. Selain itu, kami juga disuruh membuat poster untuk dipresentasikan ke para juri.

Poster water rocket kelompok Enschede 2 - keren kan :)

Poster water rocket kelompokku.. keren kan 🙂

3. Welcome activities

Di sela-sela project water rocket, kita dipersilahkan mengikuti berbagai ‘welcome activities’. Ada banyak banget jenisnya dan sifatnya optional. Misalnya city tour, tutorial cara merawat & memperbaiki sepeda, pengenalan club-club di Delft, nonton bareng, party, dll. Bahkan TUDelft menyediakan aplikasi android sehingga kita bisa melihat jadwal untuk acara-acara tersebut.

Demikian beberapa acaranya. Pengin liat seberapa serunya? Silakan cek video berikut:

* Sebenarnya ini udah telat banget, tapi biarlah. Maklum baru sempet nulis, masih masa honeymoon sama suasana baru di sini, hihihi..

Advertisements

2 comments on “‘Ospek’ Ala TU Delft

  1. Pingback: ‘Ospek’ Ala TU Delft | | di Magelang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s