Reunian Magelang & Jogja Day 2 – Punthuk Setumbu & Ullen Sentalu

Postingan sebelumnya telah menceritakan hari pertama pada reunian alumni sekelas Semesta lustrum 2, yakni mengunjungi rumah teman-teman kami di Magelang. Pada hari selanjutnya, kami jalan-jalan ke Punthuk Setumbu dan Ullen Sentalu.

• Punthuk Setumbu

Sunrise di Punthuk Setumbu

Tujuan jalan-jalan pertama kami yaitu ke Punthuk Setumbu, sebuah bukit yang terletak sekitar 5 km dari Candi Borobudur. Akhir-akhir ini tempat tersebut memang cukup terkenal dan menarik banyak wisatawan dan turis karena pemandangannya yang sangat keren. Kami bela-belain berangkat jam 4 pagi demi mengejar sunrise di sana. Yah tapi tidak sia-sia, kami akhirnya bisa menyaksikan indahnya mentari terbit di sela-sela gunung Merapi dan Merbabu yang masih berbalut kabut. Candi Borobudur juga terlihat dari sana. Sayangnya kami cuma motret pake HP kamera, jadi kurang maksimal.

Dari situ, kami sekalian berjalan mengikuti jalan setapak menuju Gereja Bukit Merpati. Memang bangunan ini cukup unik, berbentuk seperti merpati yang memakai mahkota. Setelah puas kami pun sarapan dan melanjutkan jalan-jalan ke  Jogja. Sedangkan Qoni abla kembali ke rumahnya.

Punthuk Setumbu

• Ullen Sentalu

Destinasi selanjutnya yaitu Ullen Sentalu. Sebuah museum seni dan budaya di kawasan Kaliurang. Di sana terdapat banyak ruangan dan labirin, misalnya Ruang Seni dan Gamelan yang berisi seperangkat gamelan, Guwa Sela Giri yang berisi bebatuan gunung Merapi, Ruang Syair yang berisi kumpulan puisi Putri Tineke (putri Sunan Pakubuwono XI), Ruang Batik yang berisi berbagai macam motif batik, Sasana Sekar Bawana yang berisi lukisan-lukisan raja Mataraan,  dsb.

Di sana terdapat guide yang akan menjelaskan berbagai hal, seperti sejarah dan keluarga keraton Jogja & Solo, makna lukisan dan arca, filosofi dari motif batik dan model pakaian, serta berbagai pernak-pernik khas keraton. Selain itu kita juga mendapat segelas jamu yang katanya bisa bikin awet muda lho, hehehe..

Hanya saja selama di dalam, kita tidak diperkenankan untuk mengambil foto, apalagi merekam video. Tapi sudah disediakan spot tertentu untuk kita berfoto-foto kok. Jadi, bagi yang ingin jalan-jalan sambil belajar sejarah di Jogjakarta, tempat ini bisa menjadi pilihan.

Relief miring, salah satu spot foto di Ullen Sentalu

Setelah dari Ullen Sentalu, kami pun makan siang dan pulang. Sunni kembali mengantar saya ke stasiun Lempuyangan. Saya pun kembali dengan oleh-oleh kumpulan foto, rasa senang, serta tangan yang pegal setelah nyetir motor berpuluh-puluh kilo, hahaha..

Oke sekian cerita reunian kali ini, sampe jumpa di postingan selanjutnya 😀

One comment on “Reunian Magelang & Jogja Day 2 – Punthuk Setumbu & Ullen Sentalu