Liburan Lebaran di Umbul Ponggok

Liburan Umbul Ponggok

Sabtu lalu, saya dan keluarga mengadakan dolan bersama, mumpung ponakan-ponakan saya masih pada liburan. Awalnya kami berencana mau ke Pantai Indrayanti, Jogja. Tapi berhubung jauh dan kayaknya bakal macet banget (masih suasana libur lebaran gituh), maka kami putuskan untuk ke Umbul Ponggok, Klaten. Tapi Klaten-nya masih deket-deket Delanggu, Solo kok, hehehe..

Umbul Ponggok ini adalah sebuah kolam renang yang cukup luas, dan di dalamnya ada banyak batu karang dan ikan. Jadi pada dasarnya, di sana kita bisa snorkeling tanpa perlu jauh-jauh ke laut. Di situ, airnya cukup jernih dan tidak amis karena dialirkan dari mata air . Alhasil kita bisa menikmati pemandangan ikan yang berenang kesana-kemari di dalamnya. Namun, berhubung isinya air tawar, maka ikannya nggak jauh-jauh sama nila, kakap, dan bawal, hahaha.. Tapi tetap keren kok, besar-besar dan warna-warni ikannya. Kadang mereka menggerombol dan bisa kita pegang-pegang. Apalagi pake teknik menggenggam roti seperti yang pernah saya ceritakan di Krakatau.

Bagi yang pertama kali snorkeling, tempat ini tentu sangat asyik. Snorkeling di air tawar seperti ini lebih mudah daripada di laut. Selain lebih aman (nggak takut terbawa arus ke tengah laut), juga airnya tidak bikin pedih di mata, hehehe. Uniknya lagi, di dalamnya juga disediakan banyak spot untuk berfoto di dalam air, seperti sepeda, penjara bawah air, dsb.

Untuk dapat menikmati Umbul Ponggok, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak. Saat saya ke sana, biaya masuk hanya 8 ribu, biaya sewa goggle snorkel 13 ribu, dan sewa pelampung cuma 7 ribu rupiah. Ukuran kolamnya sekitar 25 m x 50 m dengan kedalaman berkisar 1,5 hingga 3 meter. Selain itu, kita juga bisa menyewa kamera bawah air. Tapi cukup mahal, 60 ribu untuk setengah jam dan 100 ribu IDR untuk satu jam. Ada juga fasilitas pemotretan berkonsep oleh fotografer di sana dengan tarif sekitar 200 ribu. Atau kalo cari murah, beli saja case plastik untuk HP seharga 25 ribu sehingga kamera HP bisa digunakan untuk memotret di dalam air. Namun, menurut saya dengan harga segitu khawatirnya kualitasnya kurang terjamin. Kalo sampe bocor, HP Anda yang jadi korbannya, waspadalah.. waspadalah..

Tertarik? Silakan coba mengisi liburan Anda ke sana. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s