Krakatau, Gunung di Tengah Lautan

jalan2_krakatau

Pada Sabtu-Minggu kemarin, saya dan teman-teman berpetualang ke Krakatau. Ini menambah satu lagi list wisata pulau di Lampung yang saya jelajahi, setelah Kiluan dan Pahawang. Yang menarik dari tempat ini yaitu kita tidak hanya dimanjakan dengan bermain air dan melihat pesona laut, tetapi juga bisa mendaki gunung. Kami naik kapal dari dermaga Canti, dermaga di Lampung yang paling dekat dengan Krakatau yang berada di selat Sunda.

Snorkelling

Sebagaimana halnya di pulau-pulau lain di sekitaran Lampung, ada banyak sekali spot untuk snorkelling. Pada hari pertama kami snorkelling di dekat pulau Sebuku. Sedangkan hari kedua di Lagoon Cabe. Saat kami melihat ke dalam permukaan laut, terlihat banyak sekali terumbu karang yang dikelilingi ikan-ikan yang bergerombol. Ikan di sini jenisnya cukup banyak dan warna-warni. Di sini saya baru belajar cara menarik ikan-ikan saat snorkelling, yakni dengan roti. Cukup dengan menggenggam roti, maka ikan-ikan akan datang mendekati tangan kita, dan mematuk-matuk seakan udah tiga hari tiga malam nggak makan. Sensasinya geli-geli gitu, semacam terapi ikan.

memberi makan ikan

Menikmati Pantai

Pantai-pantai di seputaran Krakatau juga cukup eksotis. Pulau Sebuku Kecil memiliki pantai yang warnanya gradasi, lalu pasirnya sangat lembut, agak beda dengan pantai-pantai lain lah pokoknya. Sedangkan di Pulau Umang, banyak terdapat batu karang. Kita bisa juga canoeing di situ. Untuk pantai ini menurut saya sih standar, tapi lumayan lah buat foto-foto.

Trekking Anak Gunung Krakatau

Sebagaimana diketahui, Krakatau awalnya adalah sebuah gunung berapi. Lalu pada 1883, gunung ini meledak hebat hingga menghancurkan daratan di sekitarnya. Pada tahun 1927, muncul lagi gunung api di situ yang kemudian disebut Anak Krakatau.

Mendaki Anak Gunung Krakatau ini tidaklah melelahkan. Saya cek di Endomondo, cukup berjalan sekitar 1,5 km untuk mencapai puncak. Pada area dekat pantai, suasananya seperti hutan. Banyak pepohonan, bahkan kami ketemu biawak juga. Mendekati puncak, sebagian besar isinya bebatuan. Begitu tiba di puncak, pemandangan yang sangat menarik sudah menanti. Hamparan lautan yang luas. Ditemani pulau-pulau sekitar. Berselimutkan kabut dan awan. Awesome!!

h2c_di_krakatau

Sekian dulu. Sampai jumpa di petualangan selanjutnya ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s