Jelajah Sungai di Gua Pindul

Memasuki Gua Pindul

Minggu lalu, saya bersama rekan-rekan kerja mengunjungi Gua Pindul, sebuah tempat wisata di Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua ini cukup unik karena terdapat sungai yang mengalir di bawahnya. Berbalut pelampung dan sepatu karet, serta bersenjatakan ban besar, petualangan kami pun dimulai.

Kegiatan pertama yaitu “cave tubing“, yakni naik ban, lalu saling bergandengan dan menyusuri sungai yang mengalir di bawah gua tersebut. Sepanjang perjalanan, kami didampingi pemandu yang menjelaskan mengenai asal-usul gua ini serta berbagai jenis stalagmit dan stalagtit di dalamnya. Ada yang berupa kristal, ada yang berbentuk tirai, dan ada yang seperti tulang. Selain itu, di gua ini banyak terdapat kelelawar yang bergelantungan di atas. Mendekati ujung gua, terdapat sinar mentari yang masuk dari atas. Di dekatnya terdapat tebing batu yang dapat kami jadikan tempat untuk loncat indah. Tebing ini tingginya kurang lebih hanya 3 meter.

Setelah menjelajahi gua selama kira-kira 1 jam, perjalanan dilanjutkan dengan arung jeram di Sungai Oya. Untuk ke sana, kami naik mobil pickup yang sudah disediakan. Yah memang di situ sungainya butek, tapi jadi teringat masa kecil main air di kali, hehehe.. Yang seru lagi yaitu bisa memacu adrenalin dengan loncat dari tebing yang lebih tinggi. Ada yang dari ketinggian 5 meter dan 10 meter. Saya pun berteriak “Eureka!!” saat lompat, manteranya Archimedes tuh, hihihi..

Eurekaaaaa

Menurut saya sih, petualangan di sana cukup seru dan menyenangkan. Apalagi ada petugas dokumentasi yang siap jeprat-jepret kita di sepanjang perjalanan, kesempatan buat narsis-narsisan,.. šŸ˜›
So bagi yang mau ke Jogja, Gua Pindul bisa menjadi alternatif tempat main yang asik šŸ™‚

Leave a Reply

