They Passed Away So Young

Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji’uun.

Menjelang akhir tahun ini, saya dikejutkan dengan beberapa kabar mengenai meninggalnya teman-teman saya. Tulisan ini saya dedikasikan untuk mereka, dan juga sebagai pembelajaran bagi kita untuk menghargai tiap detik sisa kehidupan kita dengan sebaik-baiknya.

Kabar duka pertama yaitu pada tanggal 21 November 2013 dengan meninggalnya saudariku Yunita Indah. Seorang mahasiswi Undip angkatan 2009, salah satu kader terbaik di Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan. Dia orang yang sangat baik dan memotivasi, dia lah orang yang pernah memberiku buku yang berjudul Difference for Excellence.

Beberapa pekan kemudian, tepatnya 10 Desember 2013, dunia maya heboh dengan kepergian senior saya, Kak Ical (Kaisar Siregar). Beliau adalah mahasiswa Teknik Informatika ITB angkatan 2006, salah satu legenda IF karena pernah menjuarai Imagine Cup, kompetisi bergengsi bertaraf Internasional dari Microsoft. Beliau pun berhasil melanjutkan kuliahnya di TU Delft, Belanda. Namun siapa sangka beliau harus menghembuskan nafas terakhirnya di sana. Negeri ini telah kehilangan salah satu mahasiswa ‘mendewa’. Karena itulah, banyak media yang meliput berita ini, salah satunya adalah ini. Saya cukup kenal dengan Kak Ical karena kami sama-sama menjadi asisten di lab IRK, bahkan beliau adalah koordinator lab IRK dua tahun sebelum saya.

Keesokan harinya (11 Desember 2013), saya menemui kembali ucapan belasungkawa di kalangan anak-anak Widyakelana, paguyuban mahasiswa ITB asal Solo.  Kali ini Allah memanggil adik tingkat saya di Bio Engineering ITB 2009 bernama Zwastika Wirastuti aka Zie. Katanya saat sedang istirahat di kamarnya, dia tiba-tiba mengalami vertigo dan maag.

Berita mengejutkan selanjutnya yaitu tadi pagi saat saya baca komentar di blog saya yang menyebutkan bahwa Harun Immanuel telah meninggal kemarin (20 Des 2013) di Jogja. Saya pun segera menghubungi rekan-rekan di UGM untuk klarifikasi. Setelah mencari berbagai info, akhirnya ada yang meng-konfirmasi kebenarannya dan ada beritanya juga. Wah, sekali lagi kita telah kehilangan salah satu mahasiswa yang jenius. Harun adalah matematikawan hebat, dia pernah meraih medali dalam IMC saat masih kuliah di Unair. Saya bertemu dia saat ONMIPA dan pelatnas. Selanjutnya dia studi S2 di UGM.

RIP. Semoga para almarhum/almarhumah mendapat tempat terbaik disisi-Nya kelak. Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan,

Kejadian-kejadian tak terduga di atas mengingatkan kita bahwa usia seseorang tiada yang tahu. Teman-teman saya tersebut masih begitu muda, tetapi sudah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Padahal bukan karena kecelakaan serta tidak memiliki riwayat penyakit. Namun yang namanya takdir, Allah selalu punya cara untuk memanggil hambanya saat waktunya sudah tiba. Bukan tidak mungkin besok atau lusa giliran kita yang dipanggil.

Makanya, buat kita semua yang masih bisa menikmati indahnya hidup, mari kita manfaatkan dengan maksimal. Isi dengan hal-hal yang berguna serta kumpulkan bekal untuk akhirat sebanyak-banyaknya.

Tidak perlulah memaksakan diri bekerja terlalu keras demi hidup layak, tetapi jadi lupa makan dan istirahat. Mari biasakan olahraga teratur, perbanyak makan sayur dan buah, serta tidur yang cukup. Saat kita pulang beraktivitas dalam keadaan capek, sebaiknya jangan langsung tidur, tetapi makan sesuatu terlebih dahulu. Soalnya saat tidur, katanya kita perlu banyak glukosa untuk menjaga kebutuhan tubuh. Selain itu, jangan mudah meremehkan saat kita sakit. Jika memang merasa tubuhnya lemas dan demam sangat tinggi, tidak perlu menunda-nunda untuk periksa ke dokter. Daripada terlambat, baru berobat saat kondisi sudah semakin parah.

Mari kita saling mendoakan agar kita semua bisa meninggalkan dunia ini dalam keadaan khusnul khotimah. Amiin..

Leave a Reply

