tertiblantas.com: Memotret Pelanggaran Lalu Lintas Bisa Dapat Hadiah

Sudah setahun lebih saya menjadi penghuni Jakarta. Setiap kali melihat jalanan di ibukota ini saya sering melihat pengendara yang pemberani. Ya, berani nyelonong ke jalur busway, berani berakrobat di trotoar, berani menerobos lampu merah, bahkan tak jarang juga yang berani melawan arus kendaraan, ckckck.. Mumpung gak ada polisi yang jaga gituu..

Untuk meningkatkan kesadaran akan peraturan lalu lintas ini, PemProv DKI bekerja sama dengan Polda Metro Jaya mengembangkan website tertiblantas.com. Melalui website ini, kita bisa mengunggah foto atau video yang berhubungan dengan pelanggaran lalu lintas. Bukan sekedar itu, kita akan memperoleh poin untuk setiap foto atau video yang dikirim. Nah poin yang telah dikumpulkan nantinya bisa ditukarkkan dengan berbagai pilihan hadiah yang disediakan, asik kaan 🙂

tertiblantas

Setiap mencapai 1000 poin, kita bisa memperoleh badge. Seperti halnya konsep jejaring sosial di forum-forum, para pengguna akan memiliki pangkat/level tergantung dari banyak badges yang dimiliki. Pangkatnya mulai dari e-Brigadir, e-Inspektur, e-Komisaris, e-Kombes, hingga e-Jendral.

Dengan adanya website ini, diharapkan masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk memantau ketertiban lalu lintas dan bisa turut melaporkan jika ada pelanggaran. Dengan begitu seakan-akan polisi lalu lintas ada di mana-mana, jadi orang pada mikir-mikir kalo mau melanggar. Kan malu tuh kalo lagi nerobos lampu merah, eh ada yang motret. Trus dipajang pula di website. Selain malu-maluin si tersangka, polisi juga jadi punya barang bukti buat nilang.

Yah memang sih, kebanyakan pengendara biasanya terpaksa melanggar karena macet, padahal ingin cepet-cepet mencapai tempat tujuan. Tapi peraturan haruslah tetap dipatuhi. Jika dilanggar justru bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain kan. Mendingan kita bersabar dan berdoa agar program-program pemerintah dalam mengurangi kemacetan akan berhasil dan berjalan dengan baik.

Jadi, perhatikan jalanan di sekitar anda. Jika melihat ada yang melanggar peraturan lalu lintas, segera jepret dan upload ke website tertiblantas.com. Udah ikut membela kebenaran, bisa dapet hadiah pula..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s