Brain Test: Dominan Otak Kiri Atau Kanan?

brain test result 2

Hampir semua orang pasti pernah membaca atau mendengar mengenai adanya konsep otak kanan dan otak kiri. Katanya sih, kedua belahan otak tersebut memiliki kecenderungan pola pikir yang menonjol.

Otak kiri berhubungan dengan pemikiran yang rasional dan berlandaskan logika. Jadi, orang yang otak kirinya lebih dominan cenderung menyukai keteraturan, berpikir matematis dan konservatif.

Sedangkan otak kanan mencerminkan kreativitas dan imajinasi.  Jadi, orang yang otak kanannya lebih dominan cenderung artistik, berpikiran lebar dan intuitif.

Tentu saja kedua fungsi otak tersebut saling support untuk membangun sebuah pola pikir yang unik pada seorang manusia.

Terlepas dari benar atau tidaknya konsep tersebut, apakah kamu sudah pernah memikirkan mana belahan otakmu yang lebih dominan? Di internet sudah banyak referensi untuk menentukan otak mana yang lebih dominan, salah satunya adalah test online berikut: http://sommer-sommer.com/braintest/

Di situ kita disuruh melakukan sesuatu dan menjawab beberapa pertanyaan. Dari hasil jawaban tersebut, dihitung dominasi masing-masing belahan otak. Setelah selesai kita bisa melihat hasilnya, otak mana yang lebih dominan. Lalu diberikan pula penjelasan untuk masing-masing pertanyaan.

Setelah iseng-iseng mencoba, terlihat bahwa kecenderungan saya adalah 47% otak kiri dan 53% otak kanan. Memang relatif sama, hanya otak kanan lebih tinggi dikit. Bagaimana dengan kamu?

 

Advertisements

19 comments on “Brain Test: Dominan Otak Kiri Atau Kanan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s