Men’s Health Urbanathlon Jakarta 2013

Urbanathlon adalah suatu ajang di mana para peserta akan berlari, dan dalam perjalanan mereka akan dihadapkan pada berbagai tantangan urban. Urbanathlon diselenggarakan oleh Men’s Health dan sudah diadakan di berbagai negara seperti Amerika, Inggris, dan Singapura. Pada 15 September 2013, Men’s Health Indonesia menyelenggarakan Urbanathlon di Jakarta.

rute urbanathlon 2013

Konsep Urbanathlon ini sendiri memang serupa dengan Sebelasthlon, hanya saja tantangannya hanya ada 8, tetapi lebih ekstrim (namanya juga tantangan Urban).  Rute berlarinya juga lebih jauh (sekitar 8 km). Rutenya yaitu start di Plaza Selatan Senayan, lalu ke arah Semanggi, putar balik di jembatan penyeberangan di depan Chase Plaza, kembali ke Semanggi, lalu putar balik di Bundaran Senayan, mampir ke Fx, lalu finish di Plaza Selatan Senayan lagi.

Berikut 8 tantangan yang harus dihadapi selama melewati lintasan di atas:

Tantangan 1 :  Watter Barrier (Jembatan Semanggi – Barat)

Ini tantangan pertama, dilakukan di Semanggi setelah mulai berangkat. Di sini para peserta harus melompati beberapa barrier yang biasa dipake untuk pembatas jalan, tingginya sekitar 80 cm. Tenang saja, boleh bertumpu pake tangan kok. Soalnya kalo lompat langsung cukup bahaya juga kalo kesandung, bisa nyungsep.

Tantangan 2 :  Tangga Chase Plaza (Gedung Chase Plaza)

Setelah menyeberangi jembatan pas putar balik, para peserta mampir dulu ke Chase Plaza untuk berhadapan dengan 3 buah tantangan. Yang pertama yaitu menaiki tangga hingga 6 lantai, cukup bikin capek juga nih. Saya sih pelan-pelan aja naiknya biar nggak kepleset.

 

Tantangan 3 :  Monkey Business ( Gedung Chase Plaza)

Setelah sampai atas, para peserta harus bergelantungan di monkey bar sejauh 3 meter. Kunci untuk berhasil melewati tantangan ini adalah mengayun, usahakan tiap pindah bar badan kita diayunkan ke depan.

 

Tantangan 4 :  Crawling (Gedung Chase Plaza)

Selanjutnya para peserta turun kembali ke lantai dasar, tetapi tidak lewat tangga lagi melainkan pake jalur untuk parkiran mobil. Sampai bawah, peserta harus merangkak di bawah jaring-jaring. Tantangan ini cukup gampang lah yaa..

 

Tantangan 5 :  Tyres (Jembatan Semanggi – Timur)

Dari Chase Plaza, kembali ke Jalan Sudirman dan lari ke Semanggi lagi. Di sana ada tantangan titian ban mobil. Untuk melewatinya sebaiknya jangan buru-buru. Soalnya beberapa teman saya sempat kesandung dan kakinya bengkak. Jadi mending pelan saja tidak apa-apa, yang penting terlewati dengan selamat.

titian ban

 

Tantangan 6 :  Balancing Bridge (Fx Entertainment Center)

Setelah putar balik di Bundaran Senayan, peserta mampir ke Fx. Tantangan di sana yaitu melewati titian balok keseimbangan. Ini juga cukup mudah asal tenang, kalem, dan fokus jaga keseimbangan.

 

Tantangan 7 :  Water Pool (Fx Entertainment Center)

Setelah lewat balancing bridge, peserta harus melewati bak berisi air. Airnya sih dangkal, gak sampai dengkul, tapi kan bisa bikin basah sepatu dan kaki. Jadi, saya milih melepas sepatu dulu sebelum melewati tantangan ini, hehehe..

 

Tantangan 8 :  Wall Climb (Plaza Selatan Senayan)

Setelah tiba kembali ke Plaza Selatan Senayan, tepat sebelum gerbang finish, peserta dihadapkan pada tantangan terakhir, yaitu memanjat dinding setinggi 2 meter. Di situ sudah ada talinya juga buat membantu naik.

Setelah mencapai finish, para peserta disambut dengan semprotan bubuk berwarna. Wah, kaos yang awalnya putih jadi cemong-cemong sama berbagai warna merah, biru, kuning. Sampai kosan, langsung saya cuci tuh kaos, eh ternyata mudah ilang nodanya. Kaos kembali putih seperti baru 🙂
warna warni urbanathlon

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s