Ekspedisi Gede-Pangrango

ekspedisi gunung gede

Weekend kemarin (18-19 Mei 2013), saya bersama 9 teman akhirnya berhasil menjelajahi Gunung Gede-Pangrango yang terletak di daerah Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Rute pendakian yang diambil yaitu naik dari Gunung Putri, dan turun melalui Cibodas. Sebenarnya wacana ini sudah dibahas sejak akhir 2012, tetapi berhubung Gunung Gede ditutup pada bulan Januari-Maret, maka baru sekarang kesampean.

Pada Jumat malam, 8 orang dari Jakarta (termasuk saya) berkumpul di terminal Kampung Rambutan. Pada jam 23.30, bus jurusan Jakarta-Cianjur yang kami tumpangi pun akhirnya berangkat. Sabtu jam 2.30 dini hari, kami akhirnya tiba dan turun di Pasar Cipanas. Dari situ kami menyewa angkot untuk menuju pos masuk Gunung Putri (1450 mdpl). Setelah mendaftar di sana, sekitar jam 3 pagi pendakian pun dimulai..

Di awal perjalanan, jalurnya cukup menyenangkan. Setelah agak jauh, tracknya semakin terjal dan licin. Benar-benar butuh banyak energi buat naik, sampai-sampai kita harus sering istirahat padahal baru jalan sebentar, hehehe..

mendaki gunung

Akhirnya jam 11 kami tiba di Surya Kencana (2800 mdpl). SurKen ini adalah sebuah padang yang luas dan biasa dijadikan checkpoint untuk mendirikan tenda. Di sini terdapat padang edelweis, tetapi saat itu bunganya masih pada kuncup-kuncup, mekarnya sekitar bulan Juni-Agustus katanya.

Di SurKen, kami istirahat sambil makan siang. Bener-bener capek pas itu, apalagi malamnya saya belum tidur -_-. Jam 3 sore, kami pun melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Gede (2950 mdpl). Targetnya sih perjalanannya 3 jam biar bisa menikmati sunset. Tapi ternyata jam 5 sore kami sudah sampai duluan, hehehe.. Masyaa Allah, bener-bener keren pemandangan di sini. Berada di atas awan sambil menikmati pegunungan dan kawah nan cantik (biasanya merasa di atas awan cuma pas naik pesawat, hihihi).

at puncak

Setiba di puncak, kami pun turun untuk menuju Kandang Badak. Memang perjalanan turun itu lebih mudah karena dibantu oleh kekuatan gravitasi :-P. Namun justru saat itu lah masa-masa yang saya rasa paling ‘suram’. Saat langit sudah gelap disertai hujan gerimis, kami menyusuri hutan berkilo-kilo meter dengan track yang hanya mengandalkan intuisi. Sepi.. Kami tidak menemui pendaki lain sepanjang perjalanan.

Tapi alhamdulillaah, jam 8 malam kami pun berhasil tiba di Kandang Badak (2400 mdpl).Meskipun namanya kayak gitu, tapi aku gak nemu badak je di sana :-P. Tempat ini cukup rame, sehingga kami agak kesulitan mencari spot untuk mendirikan tenda. Akhirnya kami nemu lahan kosong untuk mendirikan tenda. Setelah makan malam, kami pun tidur. Tenda saya berisi 4 orang. Berhubung tanahnya agak miring, kami pun kadang merosot saat di dalam tenda, hahaha.

Minggu pagi pun tiba,.. Setelah kami sarapan, membongkar tenda, dan bersiap-siap, pada jam 8 pagi kami melanjutkan perjalanan untuk turun gunung menuju Cibodas. Kali ini jalurnya agak bersahabat, karena sudah ada track khusus pendakian yang mudah untuk dilewati. Selain itu, di tengah perjalanan kita dapat menemui sumber air panas serta bisa mampir di Air Terjun Cibeureum.

Finally.. Jam 11 kami sudah tiba di pos masuk Cibodas (1400 mdpl). Setelah istirahat dan makan siang, jam 2 siang kami turun ke Cipanas kembali naik angkot. Di sana kami nyewa angkot untuk menuju Bogor. Sesuai prediksi, daerah Puncak pasti macet parah.. Kami baru tiba di Bogor sekitar jam 19.00. Sesampainya di sana, kami naik kereta dan akhirnya tiba di Jakarta jam 20.30. Alhamdulillaah… Meskipun capek sebadan-badan, puas banget rasanya. πŸ™‚

Terima kasih sudah bersabar untuk membaca cerita hiking saya kali ini.. Semoga bermanfaat.