[Prakarya] Segitiga Setimbang

setimbang di jari

Prakarya berikut ini adalah salah satu mainan favorit saya waktu kecil. Soalnya memang menarik dan kadang bisa bikin orang awam terheran-heran. Untuk membuatnya pun, tidak dibutuhkan material yang aneh-aneh. Yang harus di siapkan hanya 4 buah lidi/tusuk sate, 2 buah biji salak, dan karet gelang.

bahan

Pertama-tama, satukan 3 buah lidi dengan potongan karet gelang di ujungnya.

langkah 1 satukan 3 lidi

Selanjutnya pasang lidi keempat sehingga membentuk segitiga seperti di gambar bawah ini, dan tancapkan lidi di sisi kanan ke kiri ke biji salak. Perhatikan bahwa lidi yang tengah harus lebih pendek.

bentuk final

Nah, udah jadi deeh..

Mungkin dari tadi kamu sudah bertanya-tanya.. ini bikin apaan sih? Kok bentuknya aneh banget… Ini adalah “segitiga ajaib” yang bisa selalu berada dalam keadaan setimbang. Coba saja letakkan ujung bawah lidi yang tengah di mana saja, maka niscaya segitiga ini akan selalu berdiri melayang dan tidak jatuh sebagaimana perkiraan sebagian orang. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar-gambar berikut..

setimbang di kabel

berdiri di atas kabel

setimbang di atas dora

berdiri di atas si Dora

Hal tersebut dapat terjadi karena biji salak berfungsi sebagai pemberat di kedua sisi sehingga bisa setimbang dengan lidi yang tengah sebagai titik tumpu.

OK, bagi yang punya tusuk sate dan biji salak yang tidak terpakai, daripada gak ada kerjaan bisa dicoba membuat prakarya unik ini, hehehe… 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s