Ingress!! Main Game Sambil Berpetualang..

Bagi pengguna smartphone Android, taukah kamu mengenai game Ingress? Ini adalah game yang cukup unik bikinan Google, tepatnya project dari Niatic Labs. Ingress adalah sebuah game berbasis Augmented Reality di mana seakan-akan lingkungan sekitar kita adalah medan perangnya. Untuk pemanasan, silakan lihat dulu video official dari game ini:

Sepertinya Menarik bukan??

Ya!! Memang menarik!!!

Ceritanya ada 2 kubu, yaitu Enlightened (hijau) dan Resistance (biru). Untuk bermain kita harus memilih menjadi  pengikut salah satu kubu. Konsepnya sederhana saja, kita hanya disuruh menguasai portal-portal yang ada. Kita juga bisa menghacurkan portal yang dikuasai lawan, dan selanjutnya diambil alih.

Menariknyaaa… portal-portal tersebut tidak hanya berupa data di layar smartphone saja, tetapi berada di dunia nyata!! Dengan memanfaatkan GPS, nantinya di layar akan terlihat peta yang merepresentasikan denah jalan-jalan yang ada di sekitar kita. Di situ dapat terlihat lokasi portal-portal yang ada di area sekitar. Di dunia nyata, portal ini biasanya berupa bangunan, menara, tugu, patung, atau apapun yang bentuknya unik. Di Jakarta ada banyak portal, yang terkenal di antaranya Tugu Monas, Patung Pancoran, Bundaran HI, dsb. Untuk mengetahui di mana saja portal yang ada, dapat dilihat di web www.ingress.com/intel.

Portal-portal di area Bundaran HI (dilihat dari web intel Ingress)

Portal-portal di area Bundaran HI (dilihat dari web intel Ingress)

Untuk dapat menguasai sebuah portal, pemain harus benar-benar mendatangi lokasi di mana portal itu berada. Oleh karena itu, game ini mengajak pemain untuk berpetualang, tidak hanya mendekam seharian di rumah sebagaimana game-game lainnya. Mungkin melalui game ini, Google ingin mengajak para geek dan maniak game untuk merasakan suasana baru dalam bermain game, bisa melihat dunia luar, tidak ansos terus, hehehe..

Portal-portal di sekitar Monas (dilihat dari layar game)

Portal-portal di sekitar Monas (dilihat dari layar game)

Bagi yang tertarik, game ini dapat diunduh di sini (Google Play). Namun berhubung ini masih versi beta, untuk bermain dibutuhkan kode aktivasi yang bisa di-request di sini. Game ingress saya juga baru aktif beberapa hari yang lalu, dan ternyata cukup menyenangkan saat main ini game. Apalagi jika di sekitar tempat tinggal terdapat banyak portal.. Bagi yang penasaran bagaimana cara bermain Ingress, silakan dipelajari di tulisan saya selanjutnya.. 🙂

Advertisements

10 comments on “Ingress!! Main Game Sambil Berpetualang..

  1. nice blog kak.. bantu banget buat ngejelasin awal buat tmen yang baru install.. krn sini uda main lama.. agak susah jga ngejelasinnya krn bahasa yang uda main lama gini agak ribet dan menggebu2.. kkkk..
    btw agen enlit ya kak~ salam kenaaaal.!!!

  2. sedikit menyeramkan sih ini game, agaknya google semakin mudah saja melacak keberadaan di setiap titik area, bahkan tak usah berkerja susah payah untuk mengidentifikasi setiap tempat2 terpencil. cukup mempekerjakan para user game ini.

  3. Pingback: Review Game: Ingress | Blog Hafizh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s