Kuliah di ITB Itu (Tidak) Mahal

ITB

Kemarin saya kebetulan mampir ke kampus ITB tercinta dan sedang ada acara ITB Day yang merupakan puncak acara dari AMI (Aku Masuk ITB) 2013. Di acara ini terdapat seminar serta Education Fair. Di seminar Aku Masuk ITB, dijelaskan informasi mengenai seleksi masuk ITB, serta sharing pengalaman dari tokoh-tokoh inspiratif serta mahasiswa ITB. Sedangkan di Education Fair, terdapat stand-stand himpunan ITB yang memberikan informasi mengenai prodinya masing-masing serta pameran karya-karya mereka.

Aku Masuk ITB ini memang ditargetkan untuk para siswa SMA yang akan menentukan masa depannya selepas lulus. Dengan adanya acara ini, mereka bisa memperoleh gambaran dunia perkuliahan di ITB serta dapat mengenal lebih jauh prodi-prodi di ITB. Kemarin saya lihat pengunjungnya sangat banyak. Gerombolan anak-anak SMA dari berbagai penjuru nusantara berseliweran di sana-sini. Banyak yang rela jauh-jauh ke Bandung demi memperoleh info mendalam mengenai ITB. Artinya, sangat banyak yang berminat untuk melanjutkan kuliahnya di kampus gajah.

Hanya saja persepsi saat ini yang beredar di masyarakat adalah “biaya kuliah di ITB itu mahal”. Bagaimana tidak, biaya kuliah per semester saja sudah mencapai 10 juta per semester!! Memang, meskipun sudah tidak ada lagi biaya pendidikan di awal (yang dulunya 55 juta), tetap saja biaya semesteran segitu cukup besar bagi sebagian orang (termasuk saya 😦 ). Bayangin saja, orangtua kita harus menyisihkan minimal 1,5 juta sebulan hanya agar kita bisa bertahan kuliah. Belum untuk biaya nge-kost, makan, serta keperluan lainnya. Mahal!!

Eitz, tapi tunggu dulu..

Kalo kamu hanya membaca sampai di situ, maka informasi yang kamu peroleh belum lah lengkap. Karena sebenarnya banyak subsidi yang ditawarkan ITB untuk para mahasiswa baru loh. Mulai dari diskon 25%, 50%, 75%, hingga 100%!! Disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga lah.. Bahkan dengan beasiswa Bidik Misi, selain sudah tidak perlu membayar biaya kuliah, si penerima juga memperoleh beasiswa biaya hidup loh!! Asik gak tuh..

Setelah jadi mahasiswa pun, kesempatan untuk berburu beasiswa tetap terbuka lebar kok, karena di ITB ada bejibun tawaran beasiswa dari mana-mana. Bingung masalah tempat tinggal? ITB juga sudah menyediakan asrama dengan biaya bulanan yang murah banget kok. Oleh karena itu, tidak perlu takut masuk ITB kalo cuma gara-gara gak ada biaya. Itu namanya kalah sebelum bertanding. Seperti kata orang-orang, belum ada ceritanya mahasiswa ITB yang DO gara-gara gak kuat bayar SPP. Bahkan di ITB sudah ada tim beasiswa yang siap membantu mahasiswa yang terkendala masalah biaya. 🙂

Yang lebih penting untuk kalian persiapkan adalah bagaimana agar bisa keterima di ITB. Dan setelah berhasil tercatat menjadi mahasiswa ITB, lakukan yang terbaik biar bisa sukses di sana. Jadi, “Aku Masuk ITB” masih bukan merupakan hal yang perlu dikhawatirkan, kawan. Target utama kalian yang lebih butuh perjuangan adalah “Aku Lulus ITB”, hehehe..

14 comments on “Kuliah di ITB Itu (Tidak) Mahal

  1. gajiku (PNS) 5 juta itupun tidak diterima semua krn untuk ngangsur utang dan biaya sekolah anakku yang no 2, dua2nya juga SMA kelas 1.Suamiku tidak bekerja. padahal Ya Alloh anakku getol sekali pengin masuk ITB. Ia sudah mendaftar lewat sekolah dan maupun online. saya sarankan agar masuk di perguruan tinggi lain enggak mau krn biaya hidup dan kuliah di ITB mahal dan tidak terjangkau oleh kami. Ia bersikeras msk itb dg harapan mendapt beasiswa. setiap hari ia hanya berdoa dan belajar keras spy bs mask itb. sampai saya tangisi dia tp anakku tetap ngotot ingin masuk itb. Ya Alloh…Bagaimana saran Mas agar anakku tidak terlalu bermimpi?

    • Pak Ilham, keinginan anak sampeyan buat kuliah di ITB itu bukanlah sebuah mimpi belaka. Dia tetap bisa kuliah di ITB, yang penting persiapkan kemampuan akademisnya mumpung masih sekolah. Nanti begitu lulus, silakan didaftarkan ke ITB.
      Jika berhasil diterima, tidak perlu khawatirkan masalah biaya. Seperti yang tertulis di atas, kuliah di ITB tidak mahal karena banyak subsidi dan beasiswa yang tersedia.

  2. saya lulusan 2012,dari SMP saya sudah pengen banget ke ITB..dari SD,SMP,SMA saya selalu dapat rangking 1 paralel..dan sering jadi juara di lomba2 dan olimpiade sains kebumian,itu semua biar saya bisa ketrima di ITB.tapi waktu kelas 3 saya mendaftar undangan keluarga saya menolak keras saya untuk kuliah di ITB dengan alsan finansial…akhirnya tahun kemarin saya di daftarin di salah satu universitas negeri di Kota Semarang dan juga dapat program bidik misinya…tapi setahun ini membuat saya hampir depresi karena jurusan dan kampus yang tidak sesuai dengan harapan saya…walaupun IPK saya cum laude,tapi itu bukan berarti saya enjoy.setiap hari saya cuma bisa menangis dan berdoa supaya tahun ini saya bisa jadi bagian dari civitas academica ITB…tahun ini saya akan memberanikan diri mendaftar di kampus impian saya…mohon do’anya ya:) thank you..

  3. saya lulusan 2012,dari SMP saya sudah pengen banget ke ITB..dari SD,SMP,SMA saya selalu dapat rangking 1 paralel..dan sering jadi juara di lomba2 dan olimpiade sains kebumian,itu semua biar saya bisa ketrima di ITB.tapi waktu kelas 3 saya mendaftar undangan keluarga saya menolak keras saya untuk kuliah di ITB dengan alsan finansial…akhirnya tahun kemarin saya di daftarin di salah satu universitas negeri di Kota Semarang dan juga dapat program bidik misinya…tapi setahun ini membuat saya hampir depresi karena jurusan dan kampus yang tidak sesuai dengan harapan saya…walaupun IPK saya cum laude,tapi itu bukan berarti saya enjoy.setiap hari saya cuma bisa menangis dan berdoa supaya tahun ini saya bisa jadi bagian dari civitas academica ITB…tahun ini saya akan memberanikan diri mendaftar di kampus impian saya…mohon do’anya ya:) thank you..

  4. [INFO TEMPAT TINGGAL UNTUK COWOK MAHASISWA BARU ITB 2013]
    Bingung cari rumah? bingung cari kosan? bingung cari tempat tinggal yang MURAH di Bandung?
    Tidak usah bingung, datang saja ke ASRAMA BUMI GANESHA ITB.
    Alamatnya : Jalan Cisitu Lama no. 35 Bandung (tinggal naik angkot ungu cisitu-tegalega dari ITB kok)
    Fasilitasnya:
    -kamar, ada kasur, meja-kursi, lemari
    -bisa akses internet sampe 8 Mbps!!!
    -bisa laundry juga dengan 40 rb per bulan! (tanpa batasan pakaian)
    -televisi pun juga ada
    -koran pagi gratis tiap hari
    -keamanan terjaga 24 jam
    -penghuninya anak ITB semua lagi, dari berbagai tingkat dan jurusan loh
    -fasilitas olahraga lengkap! Bisa main futsal, basket, tenis meja, volley, bulutangkis, dll di lapangan BG.

    dan yang ter-PENTING itu NYAMAN, dan kemana-kemana DEKET. Ke ITB cuma jalan 15 menit atau angkot 10 menit.
    Letaknya di pusat tempat makanan Cisitu, jadi kalo mau makan juga DEKET. Masjid juga DEKET.
    HARGA-nya berapa ka??
    kalau teman2 mau jadi penghuni Asrama, HANYA Rp 160.000 / per bulan loh.

    kalau nginap sementara aja, cuma 10rb per harinya
    MURAH BANGET KAN? KAMI TUNGGU TEMAN-TEMAN di Asrama Bumi Ganesha ya!
    Untuk lebih jelasnya hubungi CP:
    kakak Benny Sumaryono : 087882073335
    kakak Muhammad Fadil Rizqullah : 08111091194

  5. sejak dulu saya sudah membidik ITB menjadi tempat kulliah sya, saya pernah menjadi juara 1 OSN kebumian tinggkat sekolah, dan Juara 1 OSN kebumian tingkat kabupaten kepulauan yapen …tapi sempat tersendat karena , isu2 biaya kuliahnya mahal ..
    saya berharap bisa mendapatkan beasiswa bidik misi di ITB khusus di Teknik Pertambangan..

  6. kak saya nggak pintar pintar amat, sya juga ga terbiasa hidup mandiri, tp saya ingin masuk ITB, saya takut orgtua saya nggak setuju krn biaya mahal, tp kalo mau daftar bidikmisi juga nggak bisa, nggak masuk kriteria, menurut kakak bagaimana? terimakasih

  7. Mas , kalo saya gini. Saya lulusan smk Saya dah lolos snmptn 2014. Di salah satu ptn di Semarang dg bidikmisi pula, tp saya jg ditrima di salah satu industri motor bonafit . Lah saya memilih bekerja dulu. Apa masih ada kesempatan. Buat saya kuliah di itb.? Mkasih

  8. Kak pengen nanya nih kalo misalnya nanti ikut tes beasiswa itb itu sesuai jurusan yang kita ambil bukan contohnya deh misalnya kita ingin ambil jurusan teknik elektro apakah nanti soal yang diberikan menyangkut elktro dan soalnya untuk mengikuti tes memang soal orang kuliahan atau gimana nih bisa tolong dijelaskan.
    Terima kasih

  9. pengen msuk itb , tpi ortu trus mempermasalahkan biaya,
    karena org tua saya ga bekerja, biaya hidup orang tua saya mengharapkan uang dri kakak saya yang bekerja jd tki di malaysia, it pun penghasilan kakak saya, habis untuk bayarsegala hutang 😦

Leave a Reply

