Penjelasan Monty Hall Problem

Taukah kamu apa itu Monty Hall Problem? Ini adalah salah satu permasalahan menarik mengenai probbabilitas yang sudah cukup terkenal, bahkan sempat dibahas di film 21. Problemnya kira-kira sebagai berikut:

monty hall problem

Monty Hall adalah seorang pembawa acara (host) suatu kuis yang mirip-mirip sama “Super Deal 2 Milyar” kalo di Indonesia mah. Jadi kamu sebagai kontestan disuruh memilih salah satu dari 3 pintu yang tersedia. Salah satunya berisi mobil, sedangkan pintu-pintu lainnya hanya berisi kambing. Hanya sang host yang tahu mana yang isinya kambing mana yang mobil. Kamu pun disuruh memilih sebuah pintu (misal pintu A).
Selanjutnya host akan membuka salah satu pintu yang tidak kamu pilih (misal pintu B), dan ternyata isinya kambing (selalu yang kambing yang dibuka). Kamu pun ditanya lagi, apakah tetap di pintu yang kamu pilih atau berganti pilihan ke pintu satunya yang tidak kamu pilih (misal pintu C).
Jika kamu ingin mendapat mobil, kira-kira apakah kamu akan tetap setia dengan pintu yang dipilih di awal, atau memilih berpindah pintu?

Oke, pintu manapun yang kamu pilih, selalu ada kemungkinan untuk memperoleh mobil ataupun kambing. Namun, yang dilihat di sini adalah peluangnya. Mana yang memiliki peluang lebih besar untuk memperoleh mobil?? tetap pada pilihan? ganti pilihan? atau sama saja?

Beberapa orang berpikir bahwa pintu manapun yang sebelumnya dipilih, setelah dibuka satu pintu, tetep aja peluang mendapat mobil adalah 1/2. Emang kayaknya logis sih ya, kan tersisa dua pintu, satu pintu isinya mobil, satu pintu isinya kambing. Jadinya 50:50.

Padahal solusi terbaik adalah berganti pintu. Dan saya yakin banyak orang yang sudah tau bahwa dengan berganti pilihan pintu, peluang untuk memperoleh mobil akan lebih tinggi. Sayangnya, banyak di antara mereka tidak tahu mengapa bisa seperti itu..

Makanya biar lebih paham, begini kira-kira penjelasannya..

  • Peluang Memperoleh Mobil Jika Tetap Pada Pilihan

Jika kita ingin dapet mobil tanpa harus berganti pilihan, maka dari awal kita harus sudah memilih mobil. Jelas bahwa peluang untuk memilih mobil dari awal adalah 1/3.

  • Peluang Memperoleh Mobil Jika Berganti Pilihan

Agar berhasil memilih pintu berisi mobil setelah berpindah pilihan, maka pilihan pertama kita harus pintu berisi kambing. Dengan begitu pada dua pintu tersisa salah satunya berisi kambing dan satunya lagi berisi mobil. Mau tidak mau host akan membuka pintu yang berisi kambing, dan menyisakan satu pintu lagi yang berisi mobil. Artinya, setelah berpindah kita dipastikan akan memperoleh mobil.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, agar memperoleh mobil setelah berpindah pilihan, maka pilihan pertama haruslah kambing. Sedangkan peluang untuk memilih pintu berisi kambing pada pilihan pertama yaitu 2/3.

Sudah terlihat kan…

Jika kita tidak mau pindah pilihan, peluang memperoleh mobil hanya 1/3.

Sedangkan jika memilih ganti pintu, peluang memilih mobil menjadi 2/3. DUA KALI LIPATNYA, Brooo..

It means, pilihan terbaik adalah berganti pilihan pintu!!!

Tapi kalo udah ganti pintu, dan tetep dapet kambing.. Kayaknya tuh kambing emang udah jodohmu kali ya, hehehe 😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s