Membiasakan Minum Air Anget

air putih

Tadi saat aku sedang mengambil air minum di dispenser pas lagi di kantor, salah satu teman saya bertanya, “Kamu kok banyak banget sih minumnya, dari tadi bolak-balik terus..”

Saya pun jadi teringat..

Dulu saat masih kuliah, saya cukup jarang minum air putih di kampus. Soalnya memang tidak terdapat fasilitas dispenser dan galon untuk mahasiswa. Jadi saat kehausan, saya biasanya lebih memilih untuk jajan dan membeli air minum dalam botol yang pake ‘rasa-rasa’. Waktu itu pikir saya agak rugi juga beli air mineral di luar padahal di kosan sudah ada air galon.

Setelah lulus saya pun baru menyadari bahwa kebiasaan tersebut kurang bagus. Nantinya jadi banyak bahan kimia di dalam tubuh saya, kan kasian. Akhirnya sekarang saya jadi hobi mengkonsumsi minuman ini: air putih hangat.

Seperti yang sudah diketahui, kita disarankan untuk banyak-banyak minum air putih. Bayangin aja kalo kekurangan air, bisa dehidrasi tuh. Parahnya lagi, tubuh yang kekurangan cairan bakal mengambil dari tempat lain, misalnya darah dan otak. Nah loh, darah bisa mengental dan ginjal jadi bekerja lebih keras. Gak mau kan ginjalnya jadi sakit? Gak mau juga kan otaknya menciut?

Mirisnya, survey menyatakan bahwa 1 dari 2 orang di Indonesia mengalami dehidrasi ringan. Hayo, bagi yang merasa tubuhnya rentan, mudah lelah, mudah pusing, mudah ngantuk, dan kadang tidak produktif, jangan-jangan kena dehidrasi. Makanya, biasakan minum air putih yang banyak. Katanya sih rata-rata kebutuhan air kita adalah sekitar 2 liter atau 8 gelas, bisa kurang bisa lebih tergantung usia dan aktivitas.

Air anget bahkan memiliki efek positif yang lebih banyak. Selain untuk menghangatkan badan, racun-racun di dalam tubuh juga jadi lebih mudah keluar. Saat sedang sakit flu, minum air anget juga membantu proses penyembuhan kan.

Jadi, minum air anget itu sehat. Tapi ya jangan lebay juga, minum air lima ember sehari misalnya.. Justru bisa membuat darah terlalu encer. Terus misal ada air mendidih jangan langsung diminum juga, bisa-bisa melepuh mulutnya, hahaha…

Sekali lagi, mari biasakan banyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan. Yang hobi minum yang ‘rasa-rasa’, coba dikurangi. Sayangi ginjal dan otakmu 🙂

P.S. Wah, besok beli botol tempat minum yang gede ah, biar gak bolak-balik ngambil air, hihihi..

Leave a Reply

