Orang Lain Dapat Mempengaruhi Pemikiran Kita

Pada suatu sharing session yang saya ikuti kemarin, terdapat suatu cerita mengenai eksperimen menarik mengenai bagaimana keputusan orang lain dapat mempengaruhi pemikiran kita.

Eksperimennya sederhana, terdapat 10 orang di suatu ruangan, dan terdapat sebuah gambar berikut:

3 lines test

Tugasnya sederhana, tiap orang akan ditanya, “garis manakah yang paling panjang? A, B, atau C?”. Nah, kamu yang melihat gambar di atas tentu langsung yakin bahwa yang paling panjang adalah garis A bukan?

Menariknya, dari 10 orang tersebut hanya satu orang yang menjadi responden eksperimen beneran yang akan diamati perilakunya. Sedangkan 9 sisanya adalah aktor yang sudah ditentukan akan menjawab apa. Pada percobaan pertama, para aktor menjawab bahwa yang terpanjang adalah garis B. Apa yang terjadi? Ternyata sebagian besar responden justru cenderung ikut-ikutan untuk memilih B juga.

Selanjutnya dilakukan percobaan lagi (dengan responden berbeda tentunya). Kali ini hanya 8 aktor yang menjawab bahwa yang terpanjang adalah garis B, sedangkan 1 aktor sisanya memilih garis C. Ternyata para responden kali ini lebih memilih garis A sebagai yang terpanjang, jawaban yang benar.

Terlihat bahwa keputusan orang lain dapat mempengaruhi keputusan yang kita ambil. Meskipun kita punya keyakinan mengenai hal yang benar, tetapi dapat digoyahkan oleh pemikiran orang lain. Dan ada saatnya juga, kesalahan orang lain justru dapat mengembalikan kita ke jalan yang benar. Sepertinya memang sudah sifat manusia untuk takut berbeda, kecuali kalau ada temannya, hahaha..

Kenyataan seperti ini banyak terjadi di kehidupan sehari-hari loh. Yang sederhana misalnya saat di kelas, guru bertanya pada murid-muridnya, “Anak-anak, siapa di sini yang bisa mengerjakan ini? (suatu soal yang mudah)”. Awalnya tidak ada yang mau angkat tangan. Tapi begitu ada satu anak saja angkat tangan, yang lain langsung angkat tangan juga.

Yah memang begitulah dunia psikologi. Perilaku manusia itu memang terkadang unik, aneh, dan susah ditebak.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s