20.12.2012, and then?

Hari ini tanggal 20.12.2012

Well, saya yakin sudah jutaan orang yang membahas mengenai tanggal cantik ini. Ya tanggal cantik terakhir di tahun ini, setelah sebelumnya kita sudah melewati tanggal cantik paling fenomenal yaitu 12.12.12.

Sebenarnya saya kurang begitu tertarik juga sama tanggal cantik dan gak berniat melakukan hal-hal spesial pada tanggal cantik. Kan banyak tuh yang bela-belain nikah pas tanggal cantik, sampe yang hamil maksain nglahirin bayinya pas tanggal cantik. Biar tanggalnya mudah diingat kali ya. Namun bagi saya ya pada tanggal-tanggal ini ya kayak hari-hari biasanya aja.

Namun, berhubung saya adalah pecinta angka, jadi saya cukup tertarik untuk membahas pola munculnya tanggal-tanggal cantik ini.
Apa yang menarik? Ternyata mulai tahun 2013, tanggal-tanggal cantik ini sudah banyak berkurang. Penyebabnya jelas, banyaknya bulan hanya ada 12, mulai Januari hingga Desember. Karena itu, susah menemukan tanggal cantik dengan tahun di atas ’12.
Contoh:

  • Sebelumnya ada tanggal cantik triplet seperti 01.01.01, 02.02.02 hingga 12.12.12. Tapi mulai tahun depan sudah tidak ada lagi 13.13.13, 14.14.14, dst.
  • Sebelumnya ada tanggal kembar 20.01.2001, 20.02.2002, dst hingga 20.12.2012. Tapi gak bakal ada 20.13.2013, 20.14.2014, dst.
  • Sebelumnya ada tanggal palindrom seperti 10.02.2001, 20.02.2002, …, 21.02.2012. Sedangkan tidak ada tanggal 31.02.2013 (ah sayang sekali Februari hanya sampe 28 hari). Tanggal palindrom lagi paling cepet 02.02.2020.

Tapi tenang saja, di tahun 2013 masih tersisa tanggal cantik yang menarik kok, yaitu 11.12.13. Dan tanggal itu akan mengakhiri rentetan pola tanggal berurutan (01.02.03, … 10.11.12). Jadi, prediksi saya tanggal 11 Desember 2013 ini bakal diincar banyak orang. Lihat saja berapa banyak undangan nikahan pada tanggal tersebut, hehehe. Soalnya setelah tanggal tersebut udah jarang ada tanggal cantik lagi. Kalo mau ya silakan nunggu tahun 2020 dulu, atau bahkan sampe 2101 😛

Btw, sebenarnya kalo dipaksain ada juga sih tanggal yang berpola barisan aritmatika seperti 09.11.13, 07.10.13, 10.12.14 dst. Tapi bagi saya kurang optimal ah cantiknya, wkwkwk..

Sungguh beruntung ya diriku, hidup di generasi yang banyak menemui tanggal-tanggal cantik, hihihi.. 🙂

Mungkin ada yang mau menambahkan pola tanggal cantik lagi??

Demikian, terima kasih. ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s