Jumlah Alat Musik vs Jumlah Pemain

Di dunia ini, terdapat berbagai macam instrumen musik dengan berbagai cara untuk memainkannya, seperti ditiup, dipetik, digesek, ataupun dipukul-pukul. Secara umum, satu alat musik biasanya dimainkan oleh satu orang saja. Namun, ada beberapa musisi kreatif yang mencoba bermain musik dengan jumlah alat musik dan jumlah pemain yang tidak berimbang.

.: Satu Alat Musik Dimainkan Beberapa Orang :.

Bagaimana jika satu alat musik dimainkan rame-rame oleh beberapa orang?! Berikut beberapa contohnya:

Walk off The Earth adalah sebuah grup musik yang terdiri dari 4 cowok dan 1 cewek. Mereka menjadi terkenal setelah menunjukkan permainan musik dengan teknik ‘mengeroyok’ 1 buah gitar akustik, seperti terlihat pada video di atas dengan lagu Somebody That I Used to Know. Setiap orang memperoleh ‘jatah’ senar masing-masing, ada yang bertindak memainkan melody, rhytm, dan bass. Bahkan satu orang yang paling kanan kebagian senar-senar di head, hahaha. Sedangkan pemain paling kiri memainkan perkusi dengan memukul-mukul body gitarnya. Selain teknik yang menarik, suara mereka juga sangat bagus, jadilah karya mereka ini disukai banyak orang.

Kalo tadi satu gitar dimainkan bareng-bareng, kali ini yang dikeroyok adalah piano. Video di atas memperlihatkan 5 orang dari The Piano Guys memainkan lagu What Makes You Beautiful melalui sebuah piano besar. Bukan hanya tuts-tuts pianonya dipencet, tetapi juga string-string di atasnya dipetik, bahkan digesek. Cukup menarik dan enak didengar.

 

.: Satu Orang Memainkan Beberapa Alat Musik :.

Nah kalo tadi orangnya lebih banyak dari alat musiknya, kali ini yang terjadi sebaliknya. Satu orang memainkan beberapa instrumen sekaligus. Kayak apa ya?

  • Shara Lin

Gadis asal Taiwan ini mendadak terkenal di Youtube setelah memperlihatkan kemahirannya memainkan 3 alat musik sekaligus (piano, biola, dan kecapi). #Asian

  • Matty G.

Pria ini juga bisa memainkan 3 alat musik sekaligus lho, yakni piano, gitar, dan drum. Berbeda dengan Shara Lin yang memainkannya bergantian, Matty justru bisa memainkan ketiga instrumennya sekaligus. Lihat saja video di atas saat memainkan lagu Umbrella, sampe2 mukul simbalnya pake gitar 😛 . Menurut saya teknik ini lebih kreatif dan susah, tetapi mengapa view youtube nya lebih sedikit? Kalah cantik kali ya, wkwkwk..

  • Funny Tombow

Pria Jepang yang menamai dirinya “Funny Tombow” ini adalah salah satu one-man band yang biasanya ditemui di Eropa. Terlihat saat memainkan lagu No Woman No Cry pada video di atas, berbagai alat musik menempel pada dirinya. Tangan memainkan gitar, mulut bernyanyi serta kadang meniup harmonika. Bahkan kakinya pun mengendalikan drum dan simbal yang dia gendong. Cukup unik kan ya.. 🙂

Okeh, segitu dulu deh. Jadi begitulah, banyak hal kreatif yang dapat dilakukan dalam dunia musik.. Semoga saja para musisi di Indonesia juga mampu berkarya dan tak kalah kreatif dengan para musisi taraf internasional. Gak melulu meningkatkan keahlian dalam membuat lagu-lagu galau yang biasanya lebih diminati kaum remaja alay jaman sekarang 😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s