Semesta BBS (2012)

Setelah bertahun-tahun, akhirnya diriku menapakkan kaki kembali di SMA almamaterku. Sebuah sekolah yang letaknya cukup terpencil di Gunungpati, Semarang coret. Yupz, SMP-SMA Semesta Bilingual Boarding School!! Alhamdulillaah, kebetulan saya sedang diutus oleh Pasiad untuk ngerjain proyek di sini.

Jika dibandingkan dengan waktu saya lulus dulu (2008), saat ini sudah banyak perubahan yang terjadi di sini. Sudah ada beberapa gedung baru yang muncul, dan gedung sekolah yang dulu masih dalam tahap renovasi kini sudah diselesaikan.

Berikut beberapa hal yang berubah di Semesta.. cek it out..

Gedung sekolah sudah berdiri sempurna

Dulu saat saya masih sekolah di sini, gedung sekolahnya masih belum selesai. Ada bagian yang masih berupa kerangka. Kini setelah siswanya semakin banyak, tentu dibutuhkan ruang kelas yang lebih banyak sehingga bagian yang belum jadi ini pun direnovasi. Akhirnya, jadi lah gedung sekolah Semesta yang utuh dan keren. Fasilitas di ruang kelasnya juga semakin lengkap.

Graha Suwanto

Ini nih, salah satu gedung baru di Semesta. Namanya Graha Suwanto (katanya yang bener grha ya? bukan graha), yapz namanya diambil dari nama pemilik yayasan Al-Firdaus, pendiri sekolah ini. Graha ini terletak di depan percabangan jalan dekat kantor GM, di antara gedung sekolah putra dan asrama putri. Dulu di area ini terdapat ‘kandang’ es krim yang sering kami jadikan tempat nongkrong sambil menikmati es krim yang dijual di sana. Kembali ke Grha Suwanto, dapat dilihat bahwa gedung ini tidak memiliki dinding, hanya berupa atap yang disangga pilar-pilar. Tempat ini biasa digunakan untuk acara-acara yang melibatkan banyak orang, jadi semacam aula gitu. Pada hari-hari biasa saya lihat tempat ini digunakan untuk olahraga serta latihan untuk performance.

‘Krangkeng’ Lapangan Basket

Di Semesta terdapat sebuah lapangan basket yang sering digunakan untuk berlatih dan bertanding basket (ya iya lah). Tidak seperti dulu, sekarang lapangan ini dikelilingi oleh dinding kawat sehingga bola tidak mudah terlempar ke luar. Tapi sayangnya tribun yang digunakan untuk menonton terletak di luar pagar kawat, sehingga pemandangan di dalam lapangan agak terhalang.

‘Hoca-Hoca Bento’ is Back

Dulu, di sebelah asrama putra (samping lapangan basket) terdapat kantin yang dikelola oleh salah satu Abi Turki. Akhirnya kantin tersebut kami panggil ‘Hoca-Hoca Bento’ (Hoca dibaca Hoja, dalam bahasa Turki berarti Pak). Tapi kantin itu hanya bertahan beberapa bulan saja. Saat ini ternyata kantin tersebut ada lagi dengan judul “Bizim Kantin” (artinya kantin kita)), bedanya yang jual sekarang mbak-mbak pribumi.

CCTV

Untuk meningkatkan keamanan di lingkungan Semesta, kini dipasang kamera cctv di beberapa spot. Salah satunya di dekat pintu asrama seperti pada foto di atas. Jadi kalo ada orang yang mencurigakan lewat situ bakal kerekam deh.. Yah moga aja gak terus kamera cctv nya yang ilang digondol orang, hahaha..

Nah, meskipun ada banyak yang berubah di Semesta, saya sangat senang karena ada karya saya dan teman-teman saya di sini yang tidak berubah. Apa itu? Karya tersebut terletak di lantai 2 sekolah, di kelas paling pojok. Jika kita melihat ke dinding belakang, terdapat hiasan berupa digit-digit pi. Nah, hiasan tersebut adalah karya dari saya dan teman-teman di kelas XI-O. Saat itu dalam rangka lomba dekorasi kelas, dan akhirnya kami menjuarainya.. Wah hebat bener, sampe sekarang gak ada yang berani menghapusnya. Emang keren sih, jadi sayang kalo harus ditimpa, fufufu..

Yak demikian beberapa hal baru yang menarik di semesta. Bagi yang penasaran, terutama para alumni yang sudah lama tidak ke sini, tidak ada salahnya sekali-sekali mampir, hihihi..

Sekian, terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s