Indonesia Merdeka?

“Tujuh belas Agustus tahun empat limaa.. Itu lah hari kemerdekaan kitaa…”

Ya, lagu tersebut sering dinyanyikan dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Artikel ini saya tulis pada tanggal 17 Agustus 2012, di hari ulang tahun (HUT) Indonesia ke-67. HUT kali ini cukup spesial, karena jatuh pada hari Jumat di bulan Ramadhan, sama seperti saat Bung Karno membacakan proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945.

Yang jadi pertanyaan, apakah Indonesia benar-benar telah merdeka? *huh, pertanyaan standar*

Saya yakin, sebagian besar rakyat Indonesia akan menjawab pertanyaan standar  tersebut dengan jawaban yang sama standarnya, “Indonesia memang sudah merdeka dari penjajahan, tetapi masih belum bebas dari berbagai masalah yang ada di bangsa ini”. Jadi pantaslah jika Indonesia kita sebut sebagai negara yang “merdeka tetapi belum merdeka”, hah?? #kontradiksi -_-

Memang kok, masih banyak hal yang perlu dibenahi di Indonesia. Mulai dari tingkat kemiskinan yang masih tinggi, pendidikan yang belum merata, banyaknya pengangguran, kesehatan yang belum terjamin, dan lain sebagainya. Wah, kalo membicarakan keburukan negeri ini, rasanya gak habis-habis deh. Jadi, alangkah baiknya mari kita pikirkan saja solusi dan potensi bangsa kita untuk dapat memperbaiki negeri ini.

Di balik berbagai masalah di Indonesia tersebut, negara kita tercinta ini juga memiliki banyaaaak sekali kelebihan kok. Mulai dari wilayahnya sendiri yang luas banget, sumber daya alam yang berlimpah, sumber daya manusia yang bejibun, budaya yang beragam, bahkan flora fauna yang aneh-aneh juga banyak yang tinggal di Indonesia. Jadi sebenarnya jika kekayaan tersebut mampu dimanfaatkan dengan baik, Indonesia bisa menjadi negara nomor satu, sekali lagi, NOMOR SATU di dunia!! Jangan sampai negeri kita yang gemah ripah loh jinawi ini justru dinikmati negara asing.

Lah terus mengapa Indonesia belum maju-maju?! Menurut saya (dan saya yakin banyak yang sependapat), masalah utama di negeri ini adalah moral bangsa kita sendiri yang sudah agak bobrok. Kalo enggak, mengapa kriminalitas terjadi di mana-mana?? Kalo enggak, mana mungkin masih ada korupsi?? Aneh banget gak sih, nenek-nenek yang cuma ngambil pisang di kebon demi bertahan hidup justru dipenjara, sedangkan para koruptor masih bebas bergentayangan ‘menginjak-injak’ rakyat. Katanya bhinneka tunggal ika, tetapi masih pada gak rukun, masih ada yang suka tawuran.

Jadi, cara paling efektif untuk memperbaiki negeri ini ini adalah dengan meluruskan kembali moral para generasi penerus. Dari yang sederhana dulu lah. Ajari mereka berpakaian yang sopan, bukan pake baju yang ‘kurang bahan’. Jangan biarkan remaja-remaja kita menjadi kaum yang alay dan galau, gak ada manfaatnya. Harusnya sih acara-acara tipi yang kurang mendidik itu dihilangkan aja, biar yang nonton tidak terpengaruh. Heran deh, kenapa tontonan-tontonan yang isinya angin kayak gitu justru laku. Padahal masih banyak kok program tipi yang bagus, menarik, dan tentu saja sarat makna dan mendidik.

Kesadaran dan kepedulian kita untuk berkontribusi bagi negeri ini sangat perlu dibangun dan dikembangkan. Bercerminlah pada orang-orang yang telah berjuang memajukan negeri ini. Berbagai prestasi telah diraih sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Banyak entrepreneur yang telah berhasil membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Program sekolah gratis dan berobat gratis pun sudah banyak diadakan. Berbagai inovasi dan teknologi juga berhasil diciptakan. Yah, semoga hal-hal positif ini terus berkembang dan dipertahankan.

Semua orang dapat berguna bagi negeri ini. Jadi pe-er kita saat ini adalah menanyakan pada diri kita, “Apa yang sudah saya berikan untuk bangsa ini? Apa yang dapat saya lakukan demi Indonesia??”. Gak harus melakukan sesuatu yang besar deh, paling minim setidaknya jangan jadi beban negara lah (apalagi jadi perusak negara), itu sudah lebih dari cukup. Jika setiap orang memiliki kesadaran seperti itu, sudah pasti Indonesia yang “benar-benar merdeka” akan segera terwujud.

Tapi mau seperti apapun kondisinya, saya tetap bangga menjadi warga negara Indonesia kok. Tanah ini adalah tempat aku tumbuh dan berkembang. Saya berjanji akan turut membangun negeri ini agar semakin maju dan sejahtera (Aamiin).

Saya cinta Indonesia. Dirgahayu sang merah putih!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s