BNI Mitra Kampus: Sebuah Program Bagi Calon Entrepreneur

Hari ini saya mengikuti Seminar Pengenalan Program BNI Mitra Kampus di Aula Timur ITB jam 8 – 15. Ya, sesuai namanya acara ini berisi penjelasan mengenai BNI Mitra Kampus, yakni sebuah program kerjasama antara BNI. Program ini memfasilitasi modal bagi para mahasiswa atau alumni ITB yang ingin berwirausaha. Berikut rangkuman dari program ini, siapa tau ada yang membutuhkan informasi lebih dalam.

Terdapat 4 tahap dalam program ini, yaitu:

1. Audisi dan Seleksi

Tahap ini diawali dengan pengenalan program (melalui seminar ini tadi), selanjutnya para mahasiswa dan alumni ITB (maksimal lulus 3 tahun) yang memiliki ide wirausaha dipersilakan untuk mendaftar dan mengumpulkan proposalnya hingga bulan Agustus. Pendaftar boleh individu ataupun berkelompok. Selanjutnya, pendaftar akan mempresentasikan proposalnya pada tanggal 10-11 September 2012. Nantinya akan dipilih 50 proposal terbaik yang akan didanai hingga 10 juta rupiah yang diumumkan pada tanggal 13 September 2012.

2. The Camps

Peserta yang termasuk dalam 50 proposal terbaik akan mengikuti sebuah pelatihan tentang classical & capacity building, team building, dan motivation program pada 18-21 September 2012. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta memiliki kemampuan untuk menjadi entrepreneur sejati dan siap menjalankan usahanya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Dengan begitu dana yang telah diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal dan benar-benar memberikan profit yang optimal.

3. Coaching & Mentoring

Selama menjalani usaha, para peserta akan terus dibina dan didukung agar usahanya dapat berjalan dengan baik. Berbagai metode dilakukan untuk mengkomersialkan produk-produknya, seperti melalui tatap muka, pameran, seminar, reward, dan kompetisi. Misalnya saja, pada ITB Career Days yang akan diadakan bulat Oktober nanti, akan disediakan stand-stand bagi para entrepreneur muda tersebut untuk menawarkan produknya.

4. Kompetisi Wirausaha

Program BNI Mitra Kampus ini tidak hanya dilaksanakan di ITB, tetapi juga di kampus-kampus lainnya yang juga merupakan mitra BNI. Nantinya akan diadakan kompetisi wirausaha antar kampus (jika terdapat minimal 5 kampus yang mengikuti).

Wah, sepertinya menarik ya program ini. Tentu saja ini adalah peluang besar bagi mahasiswa/alumni yang ingin mendirikan usaha tetapi terhalang masalah dana. Jadi, bagi kamu kamu kamu yang memiliki ide usaha yang brilian dan inovatif, segera saja menyusun proposal dan mendaftar BNI Mitra Kampus. Siapa tahu proposal kamu yang nantinya terpilih untuk didanai. Apalagi kuotanya cukup banyak lho, 50 gan!!

Oh iya, selain presentasi mengenai program BNI Mitra Kampus ini, dalam acara tadi diberikan pula seminar motivasi oleh 2 orang entrepreneur muda. Yang pertama adalah Victor Harlim (alumni S2 SBM ITB) yang menceritakan pengalamannya membangun usaha garment. Selanjutnya yaitu Rangga Umara (owner Pecel Lele Lela) yang menggambarkan perjuangannya mengembangkan usaha pecel lele yang awalnya hanya berupa sebuah warung berukuran 2×2 meter, tetapi kini telah membuka cabang di 70an tempat dengan pendapatan mencapai 10 MILYAR PER HARI!!! *plok plok plok*

Cukup inspiratif memang kisah-kisah dari beliau-beliau ini. Saya pun jadi mendapatkan beberapa ilmu mengenai strategi untuk menjalankan usaha agar laris dan berkembang.

Hmmm… apakah nantinya saya juga bakal tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur?? Lihat saja nanti.. ^.~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s