3C+O: Versi Lain dari Mahasiswa Cerdas dan Berkarakter

Indonesia membutuhkan mahasiswa-mahasiswa cerdas dan berkarakter untuk mampu menginspirasi komponen masyarakat yang lain. Standarnya, mahasiswa tersebut harus memiliki hardskill, softskill, dan lifeskill yang baik dan seimbang. Dalam versi saya pribadi, mahasiswa saat ini seharusnya memiliki 4 hal yang mencerminkan mahasiswa yang cerdas dan berkarakter. Keempat hal tersebut yaitu capability (kemampuan), cooperation (kerja sama), care (kepedulian), dan originality (keaslian) yang dapat disingkat menjadi 3C + O. Berikut ini penjelasan singkat mengenai keempat hal tersebut:

  • Kemampuan (capability)

Mahasiswa memiliki kesempatan lebih untuk belajar dan fokus pada bidang yang diminatinya. Untuk itu seharusnya mahasiswa mendalami bidangnya dengan baik, dan mengaplikasikannya secara tepat guna. Jadi, mahasiswa harus rajin menimba ilmu dan mampu menggunakannya untuk kesejahteraan orang lain. Bukan hanya ilmu yang diperoleh melalui bangku kuliah, tetapi juga dari pengalaman. Seorang mahasiswa harus mampu membangun berbagai kemampuan yang dapat menjadikan dirinya pribadi yang baik dan berkualitas.

  • Kerja sama (cooperation)

Manusia adalah makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain. Jadi kemampuan interpersonal sangat penting untuk berinteraksi dengan orang lain. Suatu pekerjaan dapat jauh efisien jika dikerjakan secara bersama-sama.
Tidak jarang terdapat mahasiswa yang kemampuannya menonjol tetapi mengalami kegagalan saat harus bekerja sama dengan orang lain. Untuk itu, mahasiswa tidak boleh individualistis. Kemampuan bekerja sama harus terus dibina dan tingkatkan.

  • Kepedulian (care)

Dapat dilihat bahwa kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan cenderung menurun. Lingkungan di sini tidak hanya alam, tetapi juga manusia. Banyak mahasiswa yang hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak memperhatikan orang-orang di sekitarnya. Padahal bagaimanapun orang yang tiap hari ditemuinya secara tak langsung memiliki peranan dalam kehidupan mereka.
Jika dengan orang-orang di sekitarnya saja tidak peduli, apalagi dengan masyarakat di luar sana. Seorang mahasiswa harus peduli dengan masyarakat, dan mau berinteraksi dengan mereka. Dengan begitu masyarakat juga akan menghargai keberadaan mahasiswa dan mendukungnya.

  • Keaslian (originality)

Ketiga hal di atas kurang sempurna jika mahasiswa tersebut hanyalah ‘memakai topeng’ orang lain. Mahasiswa seharusnya memiliki keaslian atau originalitas, yang berarti mereka harus menjadi dirinya sendiri, memiliki pendirian yang kuat, dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Untuk itu setiap mahasiswa sebaiknya memahami jatidirinya dan menentukan prinsip dan idealismenya sendiri.
Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna. Setiap manusia itu unik, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi sebenarnya setiap insan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi mahasiswa yang cerdas dan berkarakter. Yang perlu mereka lakukan adalah memaksimalkan kelebihan yang mereka miliki dan berjuang dengan caranya sendiri.

Demikian sebuah versi mengenai definisi mahasiswa cerdas dan berkarakter yang dulu sempat saya kembangkan. Yah, daripada hanya mendekam di laptop sendiri, lebih baik dibagikan di sini. Semoga mampu membuka mata para mahasiswa. Yang pasti, andaikan seluruh mahasiswa memiliki unsur 3C+O tersebut, tentu akan membawa pengaruh positif bagi kemajuan bangsa ini. 🙂

Advertisements

3 comments on “3C+O: Versi Lain dari Mahasiswa Cerdas dan Berkarakter

  1. kalo kemampuannya itu kemampuan jahat, kooperasi dengan sesama penjahat, peduli sesama penjahat, keaslian dalam menjalankan operasi kejahatan macem-macemnya koruptor, seru juga tuh.

    • lah kan yang ditekankannya “kemampuan yang dapat menjadikan dirinya pribadi yang baik dan berkualitas”. Kalo kejahatan mah bukan kemampuan yang baik.
      Kalopun dipaksakan, ya tetep dia bakal jadi mahasiswa yang berkarakter, tapi karakter penjahat, hahaha 😛

  2. terima kasiihh..ini sangat penting untuk saya yang sedang mendefinisikan mahasiswa yang cerdas dan berkarakter. SANGAT BERMANFAAT! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s