Alhamdulillaah, S.T.(b)

Tanggal 4-15 Juni 2012 adalah masa sidang bagi para mahasiswa teknik informatika ITB, terutama bagi para ‘pejuang Juli’ (target wisuda Juli ini). Jadwal sidang saya sendiri adalah pagi tadi (6 Juni) jam 9.00 – 11.00. Dengan disaksikan oleh Bu Ulfa selaku dosen pembimbing serta Bu Harlili dan Pak Rinaldi sebagai dosen penguji, saya pun akhirnya melewati sidang penentu kelulusan tersebut setelah 4 tahun menimba ilmu di IF ITB.

Foto saat sidang, dipotret oleh Pak Rin

Gimana sidangnya Ndra??

Pada 30 menit pertama, alhamdulillaah saya berhasil mempresentasikan TA saya dengan cukup lancar dan tepat waktu. Sempat khawatir juga sebenarnya takut waktunya tidak cukup, soalnya slide yang harus saya tampilkan lumayan banyak (50an slide), belum lagi ditambah dengan demo program.

Pada sesi tanya jawab, Pak Rin dan Bu Harlili banyak memberikan masukan dan komentar. Alhasil, terdapat cukup banyak bagian pada laporan TA saya yang harus diperbaiki. Mulai dari pendefinisian masalah yang kurang jelas, hingga metode yang kurang dijabarkan secara rinci.

Selanjutnya saya dipersilakan menunggu di luar sementara para penguji dan pembimbing mendiskusikan keputusan hasil sidang. Setelah masuk kembali, Bu Harlili pun membacakan hasil sidang. Alhamdulillaah saya dinyatakan lulus bersyarat. Jadi status saya masih S.T.(b). Terima kasih ya Pak.. Bu…

Memang cukup unik di IF ITB, ada yang namanya S.T.(b) (b di sini maksudnya bersyarat). Status ini diberikan bagi yang sudah melaksanakan sidang, tetapi masih harus melakukan revisi sebelum benar-benar dinyatakan lulus. Setahu saya hingga saat ini memang belum ada yang berhasil melewati sidang dan langsung lulus tanpa revisi. Ya wajar lah yaa, memang susah membuat sesuatu yang 100% sempurna, selalu ada cacatnya.

Jadi, sekarang tugas saya adalah melakukan revisi TA dan diberi waktu hingga dua pekan ke depan. Semoga cepat beres lah, biar embel-embel (b) nya segera ilang, terus bisa menikmati liburan deh, hehehe..

Terima kasih untuk teman-teman yang telah turut mendukung dan mendoakan sidang TA hari ini, motivasi dari kalian sangat membantu kesiapan mental saya dalam menghadapi sidang tersebut.

Selamat bagi teman-teman yang lain yang sudah lulus sidang. Selamat berjuang bagi yang masih akan menghadapi sidang, semoga diberikan hasil yang terbaik. 😀

Leave a Reply

