Kriptanalisis Hidden Message #3 The Science of Deduction

Bagi yang sudah nonton serial Sherlock, pasti sudah tau apa itu The Science of Deduction. Yupz, itu adalah blog dari sang detektif belagu Sherlock Holmes. Taukah kamu, website tersebut benar-benar ada lho, cek aja di sini. Selain itu ada juga blognya John Watson dan blog dari tokoh-tokoh lainnya. Blog-blog tersebut berisi kasus-kasus seperti yang ada pada film serialnya. Yah tapi emang itu dummy aja lah yaa, jadi tetep fiktif. Tapi jadi menarik soalnya seakan-akan film serialnya nyambung sama dunia nyata.

Yang menarik, di website The Science of Deduction terdapat 3 buah pesan rahasia (hidden message) yang berusaha dipecahkan Sherlock (tidak ada di serialnya). Diceritakan bahwa pesan tersebut berisi kode rahasia yang dikirim oleh seseorang tanpa identitas lewat email. Emang sih kodenya sederhana dan mudah dipecahkan, kan buat hiburan bagi para fans semata.

Untuk pesan pertama “DSPCWZNV T LX HLENSTYR JZF” dan pesan kedua “SOMNEHCCGTEKOTYRIMOOLAIGU” sudah ditunjukkan solusinya. Sedangkan pesan ketiga masih dibiarkan rahasia, berikut kode rahasianya:

Pesan Rahasia #3

Gimana yaa cara membaca kodenya?

Kalo liat kode semacam itu, pasti kita langsung teringat sebuah sandi yang diajarkan pas Pramuka. Pada awalnya saya mencoba memecahkannya dengan kunci seperti ini:

Wah setelah dicoba, ternyata kata pertama aja udah aneh. Saya yakin model dari kunci kodenya seperti itu (it’s so obvious), berarti susunan hurufnya saja yang salah. Lalu saya mikir, gimana kalo kata pertama di kode tersebut adalah “SHERLOCK”, sama seperti solusi dari kode-kode sebelumnya. Hmmm, akhirnya dengan mudah ditemukan bahwa kunci untuk memecahkan kodenya adalah seperti ini:

Setelah didekripsi, diperoleh bahwa pesan rahasia nya adalah “SHERLOCK I HAVE FOUND YOU”. Ah, another junk message ternyata.

Hmmm… kira-kira pesan rahasianya bakal ditambahin lagi gak yaaa? Kan lumayan buat hiburan sambil menunggu season2 selanjutnya keluar. 😀

Advertisements

One comment on “Kriptanalisis Hidden Message #3 The Science of Deduction

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s