Alasan Saya Belum Pake Smartphone

Saat ini smartphone sudah menjadi trend, terutama Blackberry, Android, dan iPhone (OK, ada WP7 juga). Lihat saja, di jalanan hampir tiap orang pegangannya HP canggih, anak SD pun udah banyak yang main BB. Teman-teman saya juga udah pada ganti HP , sebagian besar memilih hape berbasis Android, ada yang H*TC, S*msung Galaxy bla bla bla, maupun S*ny Xperia tra tra tra. Emang sih, seiring berkembangnya teknologi, harga hape canggih juga semakin turun dan barang yang dulu termasuk mewah sekarang menjadi benda umum yang bisa dimiliki banyak orang.

Bagaimana dengan saya? Saya mah justru masih setia dengan N*kia C3 (ok ini juga tergolong smartphone sebenarnya, tapi belum cukup smart bagi saya, gak touchscreen sih =P). Abisnya dua taun lalu saat saya butuh hape baru, gadget dengan “OS robot ijo” masih belum booming. Adanya baru iPhone yang harganya belum terjangkau dompet saya. Akhirnya saya beli lah ni C3 yang saat itu keluaran baru. Emang sih, sejak dulu saya pemakai setia N*kia. Dan saya yakin banyak yang seperti saya sehingga OS Symbian masih tetep merajai.

My Nokia C3

Sebenarnya pas awal tahun 2012 kemarin saya sempat berniat ganti hape, soalnya si C3 udah agak suram sih. Akhirnya saya pun kerja dan nabung demi hape baru. Eh, pas sekarang udah siap beli malah saya urungkan niat buat beli smartphone. Alasannya klasik, hape saya yang sekarang masih bisa dipake, masih bisa buat sms dan telepon, jadi buat apa ganti. Lagian kalo beneran ganti, hape yang sekarang mau dikemanain? gak ada yang mau pake.. Tapi kalo disuruh milih smartphone atau hape biasa ya tentu aja smartphone donk, hahaha…

Setelah saya pertimbangkan, saya emang belum terlalu butuh smartphone sih. That’s right, smartphone tuh banyak banget manfaatnya, seakan ada komputer mini dalam genggaman. Tapi saya kan juga punya laptop, jadi selama ada kebutuhan yang bisa dilakukan pake laptop, ya  no problemo. Berikut kelebihan-kelebihan smartphone (khususnya Android) dibanding hape biasa yang bikin saya tertarik:

 1. Layar Sentuh

Di saat hape-hape lain cuma bisa pencet-pencet tombol kanan kiri atas bawah OK buat navigasinya, kebanyakan smartphone menggunakan teknologi layar sentuh. Tentu lebih enak ya pake touchscreen, butuh apa tinggal pencet layarnya, gak perlu ngarahin kursor dulu. Tapi biarin lah, saya masih fine2 aja kok main pencet-pencet tombol. (Tuh, saking semangatnya huruf di tombol-tombol hape saya udah pada pudar, hahaha)

2. Akses Internet

Ya, pengguna smartphone memiliki kemudahan untuk akses internet. Beberapa smartphone udah dilengkapi 3G, WiFi, dan berbagai fitur lainnya. Saya akui, di era sekarang akses internet itu super penting. Gak cuma buat fesbukan atau twitteran, tapi juga mencari informasi serta berbagai kebutuhan lainnya. Kan banyak tuh aplikasi HP yang berbasis internet. Ah, tapi hape yang gak smart-smart amat juga bisa buat internet sih. Dan saya juga saat ini udah cukup puas browsing pake Opera Mini, hahaha. Kalo butuh akses internet yang ‘berat’, ya bisa lewat laptop.

3. GPS

Nah ini nih, salah satu aplikasi penentu lokasi yang powerful, GPS (Global Positioning System). Dengan aplikasi ini, kita dapat terbantu untuk mencapai suatu tempat yang belum kita kenal. Jadi, bisa dibilang kita jadi gak mudah kesasar lah. Tapi, berhubung saya  bukan seorang petualang, jadi belum cukup butuh GPS juga. Kalo misal suatu saat nyasar beneran, tinggal tanya orang aja lah 😛

4. Main Game Jadi Lebih Asik

Saya kira, hampir semua orang suka smartphone karena alasan ini, asik buat main game!! Apalagi banyak tersedia game gratis yang tersedia, tinggal unduh dan mainkan. Emang sih, main game di hape layar sentuh jauh jauh jauuuh lebih seru daripada pencet-pencet tombol. Bayangin aja, gimana kalo Angry Birds ato Fruit Ninja cara mainnya pake pencet-pencet tombol 2, 4, 6, 8. Gak ada sensasinya lah. Anyway, saya emang hampir gak pernah main game di hape sih, di laptop udah cukup banyak mainan kok.

5. Terdapat Banyak Aplikasi Berguna

Selain game, banyak juga tersedia aplikasi-aplikasi canggih yang bisa diunduh dan dipasang ke smartphone. Tentunya banyak banget aplikasi yang sangat membantu kegiatan sehari-hari. Buat hape Symbian (kayak punya saya) juga tersedia banyak aplikasi sih, tinggal unduh dari ovi store. Lagian, saya masih ada laptop kok buat membantu berbagai kegiatan saya. ^.^

6. Kamera Lebih Bagus

Kayaknya gak ada deh Smartphone yang pake kamera ecek-ecek, minimal pasti 5 megapixel. Sebagian besar juga dilengkapi kamera buat video call. Hape saya yang cuma 1.3 MP mah gak ada apa-apanya 😦 . Kadang emang repot sih kalo ada momen-momen menarik dan pengin memotret tapi gak punya kamera yang bagus buat ngambil gambarnya. Paling yang biasa saya gunakan adalah kamera digital saya yang LCD nya udah RIP. Jadi kalo motret pake itu, cuma mengandalkan insting deh kira-kira sudutnya udah pas belum, hasilnya bagus ato enggak. Tapi sejauh ini hasil potretan saya pake kamera rusak tersebut gak cukup mengecewakan kok..

7. Bisa Buat Baca Dokumen

Ini juga salah satu fungsi yang  sangat saya butuhkan di HP. Bisa digunakan untuk membaca dokumen seperti pdf, doc, maupun ppt  (HP saya gak bisa, hikz). Kan lumayan tuh kalo lagi di perjalanan, bisa sambil belajar lewat HP. Agak gak nyaman kan kalo lagi di angkot kok malah buka-buka laptop. Tapi biarin lah, saya gak hobi belajar juga.

Yapz, demikian beberapa kelebihan smartphone yang tentunya masih banyak yang lain. Btw ini judulnya alasan belum pake smartphone, tapi kok malah cerita kelebihan-kelebihannya ya, hahaha. Intinya, meskipun gak punya smartphone dan gak bisa menikmati fitur-fitur kerennya, saya masih bisa survive kan. So, gak usah panik kalo Anda masih pake hape yang gak smart-smart amat. Gak perlu ganti dulu kalo emang belum begitu butuh smartphone, apalagi kalo hape yang sekarang dipake gak jelek-jelek amat. Kasian kan kalo hape bagus-bagus cuma dijadiin pajangan di lemari ataupun etalase toko.

Yak, demikian curhatan saya buat menghibur diri gara-gara gak jadi beli hape baru #eh. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

