Colenak Pancen Enaak

Colenak? Mungkin banyak yang belum familiar dengan salah satu nama makanan tradisional Bandung ini, bahkan yang tinggal di Bandung bertahun-tahun pun tidak semuanya tahu.. Saya pertama kali mengenal colenak beberapa tahun lalu saat pulang kuliah lewat simpang Dago, dan di pinggir jalan ada yang jual makanan bernama colenak. Awalnya sih biasa-biasa aja kalo lewat, tapi lama-lama penasaran juga pengin cobain. Ternyata kayak gini wujudnya:

Katanya sih, colenak adalah akronim dari ‘dicocol enak‘.. Dan memang sih, rasanya bener2 enak, nyaammm.. Colenak terbuat dari peuyeum yang dibakar, abis itu dikasih saus yang terbuat dari gula merah n kelapa. Jadilah colenak ini memiliki sensasi rasa manis yang bikin ngiler, hehehe.. Banyak variasi dari colenak, misalnya pada gambar di atas, yang saya beli adalah colenak cokelat+keju, jadi di atasnya ditaburi meses coklat dan keju (ya iyalah). Ini dia bentuk asli colenak kalo coklat kejunya disingkirin:


Jadi, bagi yang ingin berburu makanan khas di Bandung, gak cuma ada cireng, baso tahu, sama brownies loh.. Colenak juga bisa jadi pilihan yang sayang kalo dilewatkan. Emang sih, udah gak cukup banyak yang jual colenak di Bandung. Kalo mau, cobain yang di pinggir jalan depan Simpang Dago aja, lumayan murah kok. Biasanya bukanya mulai jam 4 sore sampe malem. Kadang kalo pulang sore-sore lewat situ saya juga masih suka beli, abis bikin ketagihan sih.. πŸ˜€

COLENAK.. dicoCOL pancen ENAAK!!

Advertisements

4 comments on “Colenak Pancen Enaak

  1. Ah plis! Ini makanan kesukaan sayaaaa.. πŸ˜€
    Tapi lebih enak pisang bakar sih sebetulnya. Pas liat foto di atas, yang kebayang langsung pisang bakar.. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s