Kondisi untuk Bisa Tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Seseorang yang kurang tidur dapat mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi serta gangguan kesehatan lainnya. Karena itulah kita disarankan untuk tidur paling tidak 6-8 jam sehari. Memang sih, tidur adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, apalagi saat sedang tidak banyak tugas dan pikiran yang mengganggu, oh nikmatnya.. 😛

Namun, tidak semua orang merasa mudah untuk tidur. Biasanya seseorang memiliki kondisi-kondisi khusus yang haus dipenuhi agar bisa tidur, tergantung kebiasaan. Ada yang lebih suka tidur dalam kondisi lampu menyala, ada pula yang tidak bisa tidur jika sekelilingnya belum benar-benar gelap. Ada yang hanya bisa tidur dalam suasana tenang, ada pula yang dapat tidur meskipun terdapat suara-suara berisik di sekitarnya. Sebagian yang lain baru bisa tidur jika sambil mendengarkan musik atau menonton TV. Bahkan ada yang aneh-aneh, misalnya keponakan saya yang baru bisa tidur jika berselimutkan sarung kesayangannya. Di sisi lain ada banyak teman saya yang bisa tidur kapan saja dan di mana saja, terutama saat pelajaran di kelas, hehehe. Namun ada pula yang memang memiliki kesulitan untuk tidur yang biasa disebut dengan insomnia.

Terlepas dari kondisi-kondisi tersebut, hampir setiap orang sudah memiliki jam biologis tubuh yang dapat mengatur kapan dia harus beraktivitas dan kapan istirahat dan tidur. Oleh karena itu orang yang terbiasa tidur larut malam akan sulit untuk tidur lebih awal.

Bagaimana dengan saya? Saya sendiri orang yang prefer tidur dalam kondisi gelap dan tenang. Makanya saat saya tidur, seringkali sedikit cahaya atau suara saja dapat membuat saya terbangun. Untuk tidur, saya tidak suka pake selimut, kalopun dipaksa pake selimut pasti saat bangun tuh selimut udah terlempar entah ke mana, hahaha. Satu lagi, saya sulit tidur dengan posisi kepala yang tegak (misal dalam posisi duduk atau berdiri). Oleh karena itu, saya paling tidak bisa kalo harus tidur di kendaraan (misal di mobil dan kereta). Saya sering bepergian ke luar kota naik travel atau bis (biasanya ke Jakarta dan sekitarnya), dan saya hampir tidak pernah bisa tidur selama di perjalanan, hufft. Walaupun udah dipaksa merem berjam-jam, tetep aja kalo gak benar2 ngantuk ya gak bisa tidur. Tapi kalo emang udah kecapekan, kurang istirahat, mata udah 5 watt, saya tetap bisa tidur dalam kondisi apapun. Kebanyakan orang pun juga pasti begitu lah…

That’s me, how about you?

Yah, maka dari itu bersyukurlah bagi yang masih diberi nikmat untuk tidur. Jangan lupa berdoa sebelum tidur yaaa ^_^

Advertisements

7 comments on “Kondisi untuk Bisa Tidur

  1. saya juga sama. lebih suka gelap kalau tidur :D. Kalau terang suka bangun-tidur-bangun-tidur soalnya kaget kirain udah siang :D. Kalau tidur di kendaraan….. hmm.. bisa sih, dan biasanya nyenyak-nyenyak saja. Tapi harus nyender kepalanya. Jadi kalau di bis misalnya, harus dapat tempat duduk sebelah jendela, biar kepalanya nyender ke jendela. Kalau gak di sebelah jendela, ya tidurnya annoying, bisa secara tidak sadar nyender ke bahu orang.. :D.

  2. kalo saya sih insya Allah bisa tidur hampir di semua situasi kecuali lagi ada yang dipikirin banget-banget
    tapi emang prefer kondisi gelap sih, lebih enak soalnya pas bangun, dan secara medis juga tidur tanpa cahaya dan suara katanya lebih sehat 😀

    oh ya, ada yang belum ditulis ndra diatas, tidur kalo dengerin “orang ngomong lama” (misal : khutbah jum’at), haha #eh

    • Iya, tidur pada kondisi gelap itu menyehatkan soalnya tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang penting untuk mengatur fungsi tubuh (materi kuliah asling 😛 )
      Wah iya juga.. Tapi dari sisi pembicara, emang sih ngomong-lama-tanpa-bikin-pendengar-ngantuk itu agak susah, harus punya gaya yang menarik dan intonasi yang dinamis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s