Brace Yourself.. OSK is Coming..

Hmmm.. Apaan tuh OSK? Yang dimaksud di sini yaitu Olimpiade Sains tingkat Kota/Kabupaten. Ini adalah salah satu tahap untuk menuju Olimpiade Sains Nasional (OSN), salah satu kompetisi paling bergengsi bagi anak sekolahan, baik SD, SMP, dan SMA (bahkan sekarang juga ada olimpiade sains untuk guru). Pada tahun ini, OSK diselenggarakan tanggal 3-4 April 2012 (ya, besok dan lusa!!). Untuk bidang matematika, seleksinya dilaksanakan besok.

Haduh, besok udah OSK nih, aku harus gimana?!?!

Sebagai salah satu alumni dan pelatih di dunia olimpiade sains, saya sudah melakukan observasi terhadap beberapa siswa yang pernah dan akan berpartisipasi dalam OSN ini. Dari pengalaman-pengalaman mereka dan saya sendiri, berikut saya sampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk persiapan menghadapi OSK (sebenranya berlaku juga untuk tes, ujian, atau kompetisi yang lain sih 😀 ):

1. Jaga Kesehatan

Menurut saya ini adalah hal yang paling krusial dan tidak jarang terjadi. Seorang siswa yang otaknya brillian dan telah berjuang keras untuk berlatih, malah jatuh sakit saat waktunya seleksi. Tentu saja hal ini dapat berakibat fatal. OSK bukan UTS yang dapat melakukan ujian susulan. Alhasil, dengan kondisi yang kurang fit, kemampuan kita tidak dapat dikeluarkan secara maksimal. Apalagi jika tubuh sudah merasa lemas, kepala pusing, penglihatan kabur, dsb.

Oleh karena itu, jaga kesehatan baik-baik menjelang ujian apapun. Makan yang teratur, jangan hujan-hujanan. Kalo perlu, minum multivitamin. Yang tidak kalah penting yaitu banyak istirahat, tidur yang cukup, dan tentu saja:

2. Jangan Begadang

Terutama semalam menjelang OSK, sebaiknya jangan tidur terlalu larut malam. Soalnya kalo begadang, bisa-bisa paginya otaknya jadi ngambek kurang istirahat. Pas ngerjain soal jadi bingung sendiri gara-gara gak fokus dan kurang istirahat.

3. Sebaiknya Tidak Perlu Belajar Menjelang Waktu Tes

Nah, hal yang satu ini yang biasanya ditekankan oleh para pelatih dan para pejuang olimpiade sains yang sudah berpengalaman. Sesaat sebelum tes (H-1 hingga pagi sebelum tes dimulai) disarankan untuk diisi dengan istirahat dan refreshing. Tidak perlu lagi belajar dan latihan soal.

Materi olimpiade itu sangat banyak dan bervariasi, tidak cukup jika dipelajari hanya dalam satu malam. Jadi belajarlah sejak jauh-jauh hari. Pada H-1, STOP belajarnya. Mendingan diisi buat bersenang-senang, jadi pas hari H, suasana hati cukup bagus, otak tidak cukup terbebani, dan tentunya bisa mengerjakan soal dengan semangat. Saya juga teringat pesan dari Pak Yohanes Surya saat kami melakukan pelatihan di Karawaci, yang isinya kira-kira sebagai berikut:

Jika Seseorang Masih Belajar Menjelang Ujian, Berarti Dia Tidak Siap.

Setidaknya ini berlaku untuk olimpiade matematika. Mungkin untuk bidang lain seperti biologi yang banyak hapalannya, justru disarankan untuk terus belajar biar tidak ada materi yang terlupa. (CMIIW)

4. Banyak Berdoa dan Beribadah

Tentu saja berdoa itu hal wajib yang harus dilakukan. Kekuatan spiritual itu penting. Lebih bagus lagi jika memohon doa restu dari orang tua, saudara, dan teman-teman. Bagi yang muslim, disarankan untuk banyak-banyak qiyamul lail (misal sholat tahajjud) serta sholat Dhuha. Apalagi ditambah dengan banyak-banyak bersedekah, insya Allah pintu rezeki semakin terbuka tuh.

5. Persiapkan Apa Saja yang Diperlukan Esok Hari, Ketahui Jadwal dan Lokasi Tes

Persiapkan berbagai benda penting seperti alat tulis dan seragam sekolah. Jangan sampai pas hari H malah hectic mencari pulpen dan sepatu. Selain itu kamu juga harus sudah tahu jam berapa dan di mana tes akan diadakan. Jangan sampai gagal ikut lomba gara-gara salah jadwal atau malah nyasar.

Jika tempatnya jauh, persiapkan pula transportasi yang akan digunakan untuk menuju TKP. Biasanya sih para siswa berkumpul di sekolah, setelah itu berangkat bersama-sama. Jangan sampai kayak saya dulu yang pernah telat gara-gara gak jelas mau berangkat naik apa (nasib siswa yang bersekolah di tempat terpencil 😛 ).

Orang-orang biasanya juga menyarankan untuk tidak melewatkan sarapan sebelum ujian. Ya ini memang penting!! Tapi saya tidak berani menekankan sih, soalnya saya sendiri juga tipe orang yang jarang sarapan, hehehe..

6. Tanamkan Strategi dalam Mengerjakan Soal

Berhubung OSK itu biasanya berupa soal pilihan ganda atau isian singkat, saya biasanya mengajarkan bahwa “cara apapun dihalalkan“. Maksudnya bukan dengan mencontek atau berbuat curang. Namun, metode apapun dipersilakan asal jawabannya benar. Soal bertipe pilihan ganda dan isian singkat memang tidak memperhatikan proses, hanya dilihat dari jawaban. It means, menjawab dengan cara “menghitung kancing tetapi jawaban benar” itu lebih bernilai daripada “cara benar tapi jawaban salah”.

Jadi jika tidak bisa mengerjakan suatu soal dengan cara yang normal, bisa gunakan cara lain yang kurang sesuai, tetapi dapat menuju ke jawaban yang tepat. Dalam melatih, saya juga kadang mengajarkan teknik-teknik untuk ‘nembak jawaban’ seperti ini, cara yang tidak bisa diterapkan pada soal bertipe uraian, hihihi..

OK, demikian saja beberapa tips dari saya untuk menghadapi suatu ujian atau kompetisi, terutama OSK. Cukup standar memang, tapi memang ini penting untuk diperhatikan. Apalagi saat OSK, persaingannya cukup ketat karena berjuang dengan teman-teman di kota sendiri. Jika sudah lolos menuju tingkat propinsi insya Allah sudah cukup mudah karena diranking secara nasional.

Bagi yang akan mengikuti OSK, selamat berjuang!! Semoga sukses!! Tetap optimis!!!!! 🙂

Advertisements

One comment on “Brace Yourself.. OSK is Coming..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s