Ngerjain Tugas di Rumah?! IMPOSSIBRUUU…

Beberapa hari yang lalu, saya mengisi akhir pekan di rumah saya di Sragen dan baru kembali tadi pagi.. Itung-itung buat refreshing dan menghindar sebentar dari kuliah dan kerjaan lah.. Dari Bandung saya membawa beberapa ‘oleh-oleh’. Tapi bukannya cireng atau keripik M*icih yang saya bawa, tapi justru ‘oleh-oleh’ berupa tugas kuliah *whew. Memang saat itu saya punya beberapa tanggungan tugas, antara lain 2 buah tugas pengganti UTS, 1 laporan kelompok, dan 1 tugas individu. Semua tugas tersebut deadline-nya tadi siang.

Okeh, sebenarnya sudah saya niatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut di rumah biar hari ini sudah santai-santai dan tinggal mengumpulkan.

Hari pertama di rumah, semangat saya masih cukup menggebu-gebu.. Saya berhasil menyelesaikan tugas kelompok yang bagian saya, dan saya kirim ke ketua kelompok. Hari-hari selanjutnya? well, motivasi saya mulai goyah.. Betapa tidak, masa’ udah jauh-jauh balik ke kampung halaman kerjaannya tetep ngadep laptop n ngerjain tugas.. Get a life lah!!

Apalagi selama di rumah saya punya banyak hal yang bisa dilakukan. Bercengkerama dengan keluarga.. Mengunjungi sodara2.. Menemani ponakan-ponakan bermain.. Ngajarin mereka belajar n ngerjain pe er.. Banyak lah pokoknya… Dan memang, itu yang biasa saya lakukan saat saya di rumah.

Sesuai dugaan.. Saking asyiknya menikmati kehidupan yang nyaman di rumah, akhirnya tugas-tugas pun terabaikan, hahaha..

one does not simply ngerjain tugas di rumah

Akhirnya kemarin saya putuskan, “udah lah nanggung.. sekarang liburan dulu, tugasnya dikerjain besok pagi aja..”. Alhasil setibanya di Bandung, saya pun hectic mengerjakan tugas-tugas yang tersisa. Emang dasar tabiat anak informatika, sukanya ngerjain di saat-saat terakhir.. Tapi untung deh, gara-gara sudah terbiasa menjadi deadliner, tugas apapun bisa selesai dalam waktu sesingkat-singkatnya.. Tapi emang sih, hasilnya tadi agak kurang maksimal..

Yang penting jadikan pelajaran aja lah. Jadi, “liburan di rumah” dan “ngerjain tugas seabrek” itu bukan pasangan yang baik.. Kalo emang punya tugas banyak, dan di saat yang sama lagi pengin pulang kampung, ada dua pilihan terbaik:

  1. Kerjain tugasnya sebelum pulang
  2. Balik dari rumah jangan pas mendekati deadline

Soalnya, kalo berpikir buat ngerjain tugasnya selama di rumah pasti bakal banyak distraksi yang bikin males buat nyentuh tuh tugas. Eh, itu kalo menurut saya aja sih yang pancen procrastinator. Kalo kamu emang rajin dan yakin mampu mengerjakan di rumah ya sok aja, justru lebih baik itu..

So, selamat ngerjain tugas bagi yang lagi ada tugas.. *halah ^_^

Leave a Reply

