Kuliah GSD: Langka, Unik, Menarik

Howdy!!

Semester ini, saya mengambil salah satu mata kuliah yang langka, unik dan menarik yaitu Global Software Development and International Teaming (biar gampang, kami menyebutnya GSD). Saya sebut langka karena memang kebetulan kuliah ini hanya ada di semester ini (semester ganjil tahun 2011). Saya sebut unik karena di kuliah ini, kami bekerja sama dengan para mahasiswa di negara lain. Menarik, karena melalui kuliah ini kita mendapat pengalaman mengerjakan project bersama orang-orang di belahan Bumi yang lain, yang tentu memiliki budaya, bahasa, dan zona waktu yang berbeda.  Berhubung kayaknya keren, saya pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Akhirnya saya dan 18 rekan IF pun mendaftarkan diri untuk menjadi peserta mata kuliah ini.

Sesuai nama mata kuliahnya, di sini kami mempelajari apa itu Global Software Development, yakni mengadakan proyek perangkat lunak dengan anggota-anggota timnya terdistribusi secara global, berasal dari berbagai negara. Tidak hanya sekedar teori, kami pun benar-benar dituntut untuk mengaplikasikannya. Di kuliah ini, IF ITB bekerja sama dengan Texas A&M University (TAMU), US. Sehingga, di sini kami mengerjakan ‘tubes’ bersama para mahasiswa di sana. Di sini lah segi menantangnya, kita harus mampu mengatur komunikasi dan kerja sama di antara anggota tim yang terpisah sangat jauh, serta bahasa dan budaya yang berbeda.

Dengan kondisi seperti ini, tentu saja satu-satunya jalur komunikasi yang bisa digunakan yaitu melalui internet. Makanya, di kuliah ini kami diajarkan bagaimana ‘PDKT’ dengan partner team luar negeri melalui teknologi internet seperti email, milis, chat, hingga voice dan video conference. Berhubung terdapat perbedaan zona waktu (Bandung 12 jam lebih awal dari Texas), kita juga harus mengatur jadwal yang pas untuk bisa berkomunikasi langsung.

Kuliah ini cukup seru loh. Apalagi tadi malam kelas ini mengadakan video conference dengan mahasiswa di Texas tersebut melalui Skype:

Video conference diadakan jam 9 malam (di Texas masih jam 9 pagi). Agak males juga sih karena harus malem-malem dateng ke kampus. Tapi gapapa lah, setidaknya kita bisa belajar bahwa meskipun mahasiswa ITB dan TAMU tidak bisa bertatap muka langsung, tetapi kami tetap bisa saling mengenal dan bekerja sama. Apalagi mahasiswa sana gaul-gaul juga lho orangnya.

Yapz, sekian saja sedikit cerita mengenai kuliah GSD. 🙂

https://hadhilchoirihendra.wordpress.com/2011/09/29/kuliah-gsd-langka-unik-menarik/

Advertisements

2 comments on “Kuliah GSD: Langka, Unik, Menarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s