Kembali ke Blog

Whew, udah lama juga saya gak update blog ini. Padahal sejak awal bikin blog ini, saya terus berusaha ‘menghidupkan’nya, setidaknya nambah 2 tulisan dalam sebulan gitu lah. Namun, nyatanya saya gagal, rasa malas dan ego ini berhasil mengalahkan niat saya nulis buat blog, hahaha.. XP

Hmmm.. tiba-tiba saya jadi pengin merumuskan tingkatan-tingkatan blogger dalam mengupdate blognya, dari yang paling males hingga yang paling rajin. Biar gak kepanjangan, saya bikin hingga level 5 saja. Cuma iseng-iseng kok, baca aja langsung deh:
Level 0: Gak punya blog
no comment deh, ya emang belum punya blog, apa yang mau diupdate coba.. 😛

Level 1: Numpang buka pintu
Berbeda sama level 0, kalo yang ini udah bikin blog tapi langsung ditinggal. Entah karena cuma iseng bikin, gak tau cara posting, ataupun salah pilih nama akun. Jadi ya blog yang udah dibikin dibiarkan kosong gitu aja. Cukup banyak kan blog yang kayak gini.
OK, mungkin kasus kayak gini biasa aja ya.. Tapi lain ceritanya kalo nama blog yang bernasib seperti ini adalah nama-nama yang bagus, keren, dan jadi incaran banyak orang.. Misalnya aja hendra.wordpress.com ato indonesia.wordpress.com .
It’s okay lah kalo nama akun yang kita incar keduluan sama orang lain, tapi paling nggak ya diurus gitu loh, biar gak sia-sia udah jadi rebutan.

Level 2: Terlantar..
Pada tingkatan ini, pemiliknya udah sempet ngeblog beberapa saat, tapi terus ditelantarkan blognya. Entah karena bosen, lupa password, dihack orang, atopun pindah ke blog lain. Jadinya ya blognya terlantar. Namun banyak juga blog terlantar yang masih rame dikunjungi karena emang isinya bagus2..

Level 3: Frekuensi rendah
Nah, yang ini blognya jarang-jarang diupdate. Entah sengaja dibikin jarang, terlalu sibuk, ataupun karena emang males buat nulis di blog.

Level 4: Frekuensi tinggi
Kebalikan dari frekuensi rendah, tentu saja pemilik blog level frekuensi tinggi ini rajin banget nambah postingan. Tiap kali pengunjung buka blognya, pasti udah ada tulisan yang baru. Kata salah satu dosen saya, blog yang seperti ini biasanya ramai dikunjungi, mau isinya emang bagus, biasa2 aja, ato bahkan yang isinya junk semua. Yang penting kuantitasnya dulu, nanti kualitasnya bakal bertambah seiring waktu. Tapi saya akui emang susah buat konsisten kayak gini. Pasti ada saatnya kita jenuh buat nulis sehingga terpaksa pause beberapa hari nulisnya.

(bonus) Level 3.14: Frekuensi labil
Eitz, ada yang ketinggalan. Di antara level 3 dan 4 ada satu tingkatan lagi, saya sebut saja level 3.14 (level pi 😛 ). Level ini emang berada di antara frekuensi rendah dan tinggi, dan saya namakan “frekuensi labil”. Yapz, sesuai namanya, frekuensi update blognya tidak stabil. Kadang2 sehari bisa posting 10 kali, tapi kadang bisa pula setengah taun diabaikan blognya.
Saya yakin, ada banyak blogger yang mengalami seperti ini. Niatnya rajin nulis, tapi ada saja alasan buat menunda. gak ada ide lah.. lagi males lah.. udah nulis, tapi berakhir di draft lah, dsb.

Level 5: Blog is My Life
Ini nih level tertinggi dalam blogging menurut saya. Menjadikan blog sebagai bagian dalam  hidupnya. Sudah bukan rahasia lagi, blog sebenarnya mampu menghasilkan uang. Baik dengan cara pasang iklan maupun menggunakan blog sebagai media bisnis. Memang ini tidak mudah dan butuh banyak kesabaran. Tapi nyatanya, sudah banyak kan orang yang sukses berkat keuletannya dalam mengelola blog. Yach, kita kan tidak tau jalan apa yang dipilihkan Tuhan untuk menjadikan seseorang sukses, hehehe..

Oke lah, sekian saja klasifikasi ngasal saya kali ini. Hayoo kamu masuk level yang mana?!?!
Maaf ya kalo ada yang kurang sesuai, gak usah terlalu dipikirin lah.
Hmmm.. dengan kembalinya saya ke blog ini, moga aja setelah ini saya bisa mengurus blog ini dengan baik. Amiiiin. 🙂

Advertisements

2 comments on “Kembali ke Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s