[7HHECS] Sekilas Tentang 7 Kebiasaan Mahasiswa yang Sangat Efektif

Dalam tiap orientasi mahasiswa baru ITB, selalu diadakan training dengan materi-yang berbeda-beda. Misalnya pada jaman saya adanya training Strategi Sukses di Kampus (SSDK), sedangkan untuk tahun lalu trainingnya tentang IPK (Integritas, Prestasi, dan Komitmen). Nah, pada tahun 2011 ini materi trainingnya yaitu “7 Habits of Highly Effective College Students” yang berarti “7 Kebiasaan Mahasiswa yang Sangat Efektif”. Apa itu?

7 Habits of Highly Effective College Students ini sebenarnya adalah spesialisasi dari 7 Habits of Highly Effective People yang dicetuskan dan dibuat bukunya oleh Stephen R. Covey. Training 7 Habits ini sudah banyak diadakan oleh perusahaan-perusahaan di berbagai negara karena memang 7 kebiasaan yang diajarkan ini dipercaya ampuh untuk mencetak manusia yang efektif dalam menjalani hidupnya, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.

Sebagai salah satu trainer, tentu saja saya juga sudah mendapatkan training ini. Oleh karena itu akan saya jelaskan secara singkat (dalam bahasa saya sendiri) tentang 7 kebiasaan yang dapat membuat Anda menjadi manusia yang lebih efektif tersebut, yaitu:

1. Be Proactive (Jadilah Proaktif)

Saat masalah datang, kita memiliki pilihan dalam meresponnya dan bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut. Jadi, kita tidak boleh reaktif dan hanya menyalahkan orang lain atau keadaan.

2. Begin with The End in Mind (Mulailah dengan Tujuan Akhir)

Tentukan tujuan hidupmu, dan jadikan sebagai arah dalam menjalani kehidupan.

3. Put First Things First (Dahulukan yang Utama)

Buat prioritas mengenai apa saja yang akan kamu lakukan, dan laksanakan yang prioritasnya lebih tinggi dulu.

4. Think Win-Win (Berpikir Menang-Menang)

Jangan berusaha mengalahkan orang lain kalo ada solusi yang bisa membuat semua pihak sama-sama menang. Hidup tidak harus selalu berkompetisi Bung!!

5. Seek First to Understand, Then to Be Understood (Memahami Terlebih Dahulu, Baru Dipahami)

Kemampuan mendengarkan secara empatik dibutuhkan untuk memahami orang lain.

6. Synergize (Wujudkan Sinergi)

Bekerja sama menghasilkan alternatif ketiga yang lebih baik daripada jika dilakukan sendiri-sendiri. Itulah kekuatan perbedaan..

7. Sharpen the Saw (Asahlah Gergaji)

Memperbaharui diri dalam empat elemen kehidupan: tubuh, pikiran, hati, dan jiwa. Jadi, jika sudah melaksanakan keenam kebiasaan yang lain, sempatkan waktu untuk ‘mengasah gergaji’ (refreshing gitu deeh)

Kebiasaan 1, 2, 3 perlu dimiliki untuk mencapai kemenangan pribadi, yakni membawa diri kita dari yang mulanya selalu tergantung pada orang lain menjadi pribadi yang mandiri. Sedangkan kebiasaan 4, 5, 6 mengantarkan kita menuju kemenangan publik, yakni kesalingtergantungan. Dan seperti disebutkan di atas, kebiasaan 7 digunakan untuk memperbaharui diri.

OK, sekian saja penjelasan singkatnya. Untuk penjelasan yang lebih detail, silakan baca bukunya.. ^^
sumber gambar: http://www.change-management-coach.com/stephen-covey.html

[Indeks – 7HHECS] “7 Habits of Highly Effective College Students” – OMB2011 Training

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s