Mengikuti Sidang Terbuka ITB 2011

Seperti biasa, pada tiap awal tahun ajaran, ITB selalu mengadakan sidang terbuka dalam rangka penyambutan mahasiswa baru. Untuk tahun 2011 ini, sidang terbuka diselenggarakan pada tanggal 2 Agustus 2011 yang lalu di Sabuga. Dan ternyata saya diundang buat mengikuti sidang terbuka kali ini, hehehe. Jadi, ini kedua kalinya saya mengikuti sidang semacam ini (yang pertama kali, tentu saja saat saya jadi maba di tahun 2008).

Seperti biasa, sidang terbuka penerimaan maba ini terdiri dari 3 acara utama:

  1. Pelantikan mahasiswa baru dan pidato penyambutan oleh Rektor ITB
  2. Pidato ilmiah dari seorang tamu
  3. Pemberian penghargaan kepada beberapa mahasiswa ITB

Sidang dimulai jam 9 pagi. Pada awal acara, ketua PMB membacakan statistika mahasiswa baru ITB 2011 baik sarjana maupun pascasarjana. Lalu dilanjutkan dengan pelantikan mahasiswa baru dan pembacaan janji mahasiswa yang dipimpin oleh Gery (FTSL 2011). Wah, jadi teringat 3 tahun lalu saya juga mengucap janji ini.. Apakah sudah dipenuhi janjinya?!?!

Agenda selanjutnya yaitu pidato oleh Pak Akhmaloka selaku Rektor ITB dengan tema “IPTEKS sebagai Kekuatan Bagi Kemajuan Bangsa Indonesia”. Setelah itu, dimulailah pidato ilmiahnya.

Ada yang spesial dari pidato ilmiah kali ini, karena disampaikan oleh seorang pemenang hadiah nobel!! Beliau adalah Prof. Robert Huber, peraih nobel kimia tahun 1988. Saat itu beliau menyampaikan pidato berjudul “How did I Become a Scientist” yang isinya menceritakan pengalaman beliau. Mulai dari menceritakan Munich (kota asalnya di Jerman), lalu kuliah di jurusan kimia di Jerman juga. Beliau lalu memaparkan riset beliau di bidang crystallography terhadap protein, hingga akhirnya meraih nobel kimia pada tahun 1988 bersama kedua temannya, kalo gak salah namanya Johann Deisenhofer dan Hartmut Michel. Hebat lah pokoknya..

Acara terakhir yaitu pemberian penghargaan. Terdapat 3 jenis penghargaan yang diberikan di sini, yaitu:

  1. Mahasiswa dengan nilai akademik tertinggi tiap prodi dan TPB
  2. Penghargaan Ganesha, terdiri dari Ganesha Karsa (bid. ilmiah), Perkasa (bid. olahraga), Rasa (bid. seni budaya), dan Karya (prestasi lainnya)
  3. Mahasiswa Berprestasi Utama, merupakan mahasiswa berprestasi tiap fakultas yang menjadi finalis Ganesha Prize

OK, selamat buat para mahasiswa baru yang telah dilantik.. Selamat berjuang di kampus gajah!!

Selamat juga buat para peraih penghargaan. Semoga prestasi kalian dapat terus meningkat dan mampu terus berkontribusi untuk almamater dan negeri ini. Amiiin.

Advertisements

One comment on “Mengikuti Sidang Terbuka ITB 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s