Sepenggal Hikmah dari Kerja Praktek

Alhamdulillaah, kerja praktek saya (bersama Sunni) akhirnya telah selesai.. Banyak suka dan duka kami lewati selama kerja di Pertamina Palembang. Dan tentu saja, berbagai hikmah dapat dipetik dari pengalaman-pengalaman kami selama menjalani KP. Berikut beberapa hikmah berupa tips dan info yang dapat saya share:

Pahami Peraturan Kerja Praktek

Ini tahap pertama yang paling penting. Pahami peraturannya!! Mulai dari persiapan, syarat KP apa aja, butuhnya apa aja, waktunya kapan, tahap-tahapnya gimana, penilaiannya gimana, dll. Gak usah sok tau, hanya “let it flow” dan ikut-ikutan. Bisa-bisa malah tersesat dan salah jalan..

Kalo di prodi saya, ada kuliah Pra-KP, jadi di sana dijelasin yang kayak gitu gitu. Trus udah ada buku petunjuknya juga (softcopy tapi), jadi tinggal dibaca n diikuti deh itu..

Pilih Teman Kelompok yang Tepat dan Cepat

Kalo emang KPnya berkelompok, segera cari teman kelompok yang sesuai, yang kenal dekat dan dapat saling melengkapi. Gak harus yang mendewa, bisa-bisa malah digabutin, wkwkwk. Karena selama kape, hanya teman sekelompok itu lah yang bakal kamu liat mukanya hampir tiap hari, dan harus bisa bekerja sama biar kerjaan lancar. Makanya, cepet-cepet cari kelompok. Gak usah nunggu diajak. Khawatirnya, temen-temennya udah pada dibooking semua, jadi kehabisan deh, hehehe.. Tapi kalopun pengin kape sendirian juga terserah sih, itu pilihan. Paling2 konsekuensinya yaa.. ngerjain sendirian, bikin laporan sendirian, presentasi sendirian, kalo ada masalah juga tanggung sendirian… =P

Saya sih kapenya sama Sunni. Temen sejak SMA, 2 tahun sekelas, pernah sekamar di asrama, sama2 ikut olimp math, sering lomba bareng, pelatihan bareng, hingga akhirnya sama2 kuliah di IF ITB, pas TPB sekelas terus, akhirnya sama2 jadi asisten IRK. Mbuh kuwi, kok bisa bareng terus ya, hahaha..

Tentukan Tempat KP dengan Bijak

Banyak pertimbangan dalam memilih perusahaan tempat KP, karena kalo sampe salah pilih, bisa berujung pada pengerjaan yang gak lancar, hasil yang ancur, hingga KP yang gagal (it means, FAIL!!!).. Pertimbangan itu antara lain:

  • Kecocokan perusahaan dengan bidang. Cari perusahan yang bagus dan bisa mengembangkan kemampuan di bidang yang dipelajari. Lebih bagus lagi kalo itu merupakan perusahaan yang ingin dijadikan target tempat kerja setelah lulus, hohoho..
  • Pengalaman yang Udah KP di sana. Cari tahu siapa senior yang udah pernah KP di suatu perusahaan. Tanya-tanyain pengalamanannya, biar punya bayangan rasanya KP di sana gimana, kerjaannya gimana gitu. Nih buat referensi, angkatan saya punya blog sendiri khusus buat berbagi pengalaman selama KP.
  • Lokasi. Cari perusahaan yang lokasinya strategis, deket dengan berbagai fasilitas umum. Kalo deket rumah juga malah enak. Yang penting di sekitarnya ada tempat buat refreshing biar gak suntuk.. ๐Ÿ˜€
  • Akomodasi dan Transportasi. Kalo gak di rumah, cari tempat tinggal (kost) yang nyaman dan dekat kantor selama KP. Transportnya buat ke kantor juga harus jelas. Jangan sampai keseringan telat ke kantor gara2 tempatnya jauh atau macet.
  • Contact Person. Biar enak, cari tahu orang yang bisa dihubungi dari perusahaannya. Trus ditelpon/email, ada lowongan buat KP gak, baru deh kirimin surat pengajuan. Kalo gak ada kenalan orang sana, bisa dicari lewat internet (kayak saya, wkwkwk). Soalnya kalo tau-tau dikirimi surat, bisa aja diabaikan dan gak pasti diterima ato enggak.
Tapi kalopun udah coba-coba ndaftar, tetep gak diterima.. tenang aja.. biasanya di akhir-akhir bakal banyak tawaran KP kok yang dipublikasikan lewat TU.. tinggal dipilih aja..

Kami memilih KP di Pertamina Palembang, walaupun itu perusahaan minyak tapi kan ada bagian IT nya juga. Gapapa jauh-jauh, sambil cari calon istriย pengalaman.

Persiapkan Segala Keperluan Sebelum Mulai KP

Sebelum berangkat ke tempat KP (terutama yang tempatnya jauh banget dari kampus, pelosok pula) jangan lupa periksa surat-surat dan form yang dibutuhin selama KP. Kalo sampe ketinggalan ato belum ada kan berabe, jauh euy..

Pilih Topik KP yang Sesuai

Pada hari pertama KP, biasanya pembimbing dari perusahaan menjelaskan apa yang akan dikerjakan selama KP. Pastikan topiknya sesuai dengan bidang yang dipelajari, gak jauh-jauh dari materi kuliah. Kan tujuan KP emang buat latihan kerja dan menerapkan ilmu dari kuliah.

Kalo proyek yang kami kerjain sih, bisa dibilang fusion progin+SI+Basdat+RPL+IMK..

Ikuti Kultur Perusahaan

Di mana bumi dipijak, di situ langit di junjung. Jadi saat bekerja di perusahaan orang, ikuti pola kerja di sana.. Bukan sekedar jam kerja dan pakaian kerjanya, tapi juga kebiasaan dalam bekerja, termasuk format laporan serta model hasil pekerjaan.

Misalnya, di tempat saya kape, ada template desain aplikasi, serta aturan-aturan pembuatan dan peletakan logo di aplikasi yang dibuat.

Jangan Nunggu Dibimbing, Kejar Pembimbingnya!!

Dari pengalaman saya kemarin-kemarin, berhubung pembimbingnya sibuk banget, jadi jarang menemui kami. Kami juga terlalu fokus ngerjain proyek yang diberikan sehingga malah berkreasi sendiri bikinnya, dan ternyata kurang sesuai untuk perusahaan sehingga harus diperbaiki. Jadi, kalo misal ada sesuatu yang belum dijelasin secara detail, jangan soktau nentuin sendiri. Mending cari pembimbingnya, dan tanyain hingga bener-bener jelas.

Kerja di Jam Kerja

Mungkin saking semangatnya berKaPe ria, sampe-sampe setelah pulang dari kantor pun, tetep nglanjutin kerjaannya. Menurut saya itu kurang baik juga. Kan sudah ada jam kerjanya sendiri, ngapain kok dikerjain di jam kerja. Santai saja, gak usah khawatir kerjaannya gak selesai sampai akhir masa KP.. Kan lama tuh KP nya, insya Allah cukup lah.. (ngerjain tubes aja 2 hari selesai kan, wkwkwk ๐Ÿ˜› ).ย Tapi kalo emang se-‘workaholic’ itu ya silakan silakan saja..

Sering-Sering Bimbingan Laporan

Kebanyakan mahasiswa mikirnya, “yang penting selesaikan dulu kerjaannya, abis itu baru bikin laporan”. Namun, ternyata itu kurang baik juga. Laporan itu justru hasil terpenting dari KP. Kan setelah selesai KP, yang diperiksa adalah kelengkapan dokumentasinya, jadi ya harus dibuat sesempurna mungkin. Di KP saya bahkan disuruh sering-sering menemui pembimbing buat mriksa laporan, dan tetep aja slalu ada salah-salahnya tuh laporan. Direvisi terus deh..

Lagian aneh juga, biasanya kan laporan isinya ada analisis dan perancangan. Masa’ aplikasinya beres dulu, baru bikin analisis dan nyusun rancangan. Saya akui, kebanyakan mahasiswa (termasuk saya) sering kayak gitu. Semoga kami cepat tersadarkan dan mampu mengikuti kaidah yang benar. Amiiiin.. (naon sih -__- )

Kenalan Sama Tetangga

Nah, bagi yang tinggalnya ngekost, berhubung kalian menjadi ‘anggota’ baru dari suatu komunitas, saya sarankan buat bersosialisasi dengan tetangga-tetangga, biar akrab dan bisa menyambung tali silaturahim..

Ntar malah kayak saya lho. Dulu saya pernah jalan kaki lewat di depan rumah tetangga, pake baju kerja (kemeja putih lengan panjang, celana item, bersepatu), eh malah dikira sales, hehehe…

Karyawan Ternyata Gaul Gaul

Jangan berasumsi karyawan di kantor-kantor itu begitu serius dalam bekerja. Ternyata mereka cukup gaul dan tentu saja ramah-ramah lho. Hobi dengerin musik dan suka bercanda-bercanda gitu, hohoho.. Makanya, sekali-sekali ngobrol sama mereka.

Jangan Sampai Kelupaan Tanda Tangan

Ini nih kalo udah mendekati akhir masa KP. Siapin apa aja yang butuh tanda tangan dari pembimbing. Misalnya form penilaian dan lembar pengesahan laporan. Soalnya kalo udah pergi, trus ternyata ada dokumen yang belum ditandatangani, ribet juga udah pamitan kok masih balik-balik lagi ke kantor.

Berikan Kontak ke Perusahaan

Kalo udah selesai KP, berikan kontak yang bisa dihubungi ke perusahaan (bisa alamat e-mail atau no. HP). Buat jaga-jaga aja siapa tau ada masalah pada hasil kerjaannya, jadi kan bisa langsung tanya ke pembuatnya langsung.

JANGAN LUPA AMBIL MATA KULIAH KERJA PRAKTEK ๐Ÿ™‚

hahaha.. yang ini fatal banget.. udah capek-capek kerja di perusahaan.. eee di semester berikutnya malah lupa gak ngambil mata kuliah Kerja Praktek.. Fail banget lah ini.. #JustKidding

Sebenarnya KP saya juga belum berakhir sepenuhnya, masih ada tahap penyusunan laporan buat prodi, lalu seminar-seminar.. Doakan yaa biar nilainya bagus, hehehe.. ๐Ÿ˜€

Ok, demikian beberapa tips yang bisa saya berikan.. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, tapi berhubung udah panjang banget, yasudahlah…

Mohon maaf jika ada yang kurang setuju, maklum ini kan pendapat pribadi saya sendiri..

Semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi..

Terima kasih.. ๐Ÿ™‚

Advertisements

2 comments on “Sepenggal Hikmah dari Kerja Praktek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s