Trik ngePrintscreen Video

Saya adalah salah satu orang yang hobi  meng-capture/snapshot video. Yakni mengambil salah satu frame di video. Misalnya saja pas ada momen keren di film, suka saya pause, lalu saya printscreen dan disimpan sebagai gambar.

Namun, metode printscreen ternyata sering gagal dalam mengambil gambar di video player. Biasanya hasil prinskrin yang muncul justru layar hitam, kayak gini:

prinskrin gagal...

dulu saya sempet bingung gimana caranya biar bisa ngambil nih gambar dari videonya.. Beberapa video player udah nyediain fitur buat ngecapture gambar sih.. tapi tetep aja kalo gak punya video player yang kayak gitu, ya repot..

Kadang meskipun sudah ada fiturnya, tetep aja gagal buat ngambil gambar. Misalnya saat saya coba ambil snapshot dengan MPC ini:

Faiiiil..

trus gimana donk?!?!

akhirnya saya menemukan solusinya…

sebuah trik yang sangat sederhana…

begini caranya:

  1. Buka Display Properties. Yakni, di desktop, klik kanan, lalu pilih Properties.
  2. Pilih tab Settings
  3. Klik Advanced, akan muncul tampilan lainnya.
  4. Pilih tab Troubleshoot
  5. Ada slider hardware acceleration, geser ke kiri hingga none.

trik dengan disable hardware accelaration

Nah, sekarang coba lakukan printscreen video. Insya Allah sudah bisa,. 😀

ayeee.. prinskrin berhasiiil.. \(^o^)/

Kalo udah selesai, jangan lupa hardware acceleration nya dibalikin ke full lagi ya, soalnya kalo didisable gini bikin komputer jadi lelet..

Hardware Acceleration; full: cepet tapi gak bisa printskrin; none: lelet tapi bisa prinskrin

OK, demikian trik sederhananya.. Selamat mencoba. ^^
