Inilah Dia Pertamina Palembang..

OK.. Sesuai janji, di sini saya akan mendeskripsikan seperti apa tempat KP saya, yakni PT PERTAMINA (Persero) Refinery Unit III Plaju, Palembang, Sumatra Selatan.

Di sini, lokasi perusahaannya berupa sebuah area yang luaas banget, terdiri dari berbagai gedung dan fasilitas. Berikut ini beberapa tempat yang berhasil saya dokumentasikan:

kita mulai dari area tempat bekerja…

  • Perkantoran

Ya namanya juga perusahaan, pasti ada kantornya. Di Pertamina Palembang ini kantornya ada banyak banget, karena emang ada banyak divisi. Foto di atas itu adalah gedung kantornya GM, yang (menurut saya) sih paling keren. Trus yang pernah saya datengin yaitu kantor sekuriti, HRD, dll. Dan tentu saja, kantor IT yang merupakan tempat kerja saya, ini fotonya:

gedung kantor IT

  • Kilang

Tempat Pengolahan Minyak

Sudah jelas kan, Pertamina ini adalah perusahaan pengolahan minyak. Jadi tentu saja ada kilang minyaknya. Kilang ini letaknya tepat di tepian sungai Musi. Di kilang ini terdapat berbagai bangunan keren buat ngolah minyak, serta tabung-tabung gede buat nyimpen minyak.
FYI, kilang ini dijaga ketat banget lho. Kan yang dateng gak boleh bawa hape, rokok, korek api, dll. Namanya juga tempat nyimpen minyak, harus dihindarkan dari hal-hal yang bisa bikin percikan api. Karena sekali meledak, ya kerugiannya gede banget, pasti menimbulkan korban harta hingga nyawa.. Tapi alhamdulillaah, sejauh ini pabriknya masih aman aman saja. Bahkan sudah beberapakali menerima penghargaan “zero-accident“.
  • Agen Pendistribusian Depot Pengisian LPG

Sebenarnya saya kurang tau sih ini tempat apa. Yang jelas ini area yang berisi bangunan2 keren juga, ada kilangnya juga. Tapi, berhubung saya lihat ada banyak truk pengangkut minyak disini, saya sebut saja “Agen Pendistribusian“, hahaha..
update: ternyata ini adalah depot pengolahan, pengisian, dan pendistribusian LPG. Jadi kilang gas gitu deeh..
  • Tempat Parkir

tempat parkir, di belakangnya itu adalah sungai Musi

Ya jelas lah, tempat parkir itu penting. Biar kendaraan gak ‘berserakan’ di mana-mana.. Tempat parkirnya cukup gede, jadi gak perlu pusing nyari space buat naruh motor, hohoho..

Ok itu tadi beberapa area yang berhubungan dengan pekerjaan..

Selanjutnya adalah beberapa fasilitas yang juga ada di area Pertamina ini..

  • Kompleks Perumahan

Rumahnya bentuknya mirip semua ya..

Inilah yang mengisi sebagian besar area yang luaaas banget tadi.. kompleks perumahan!!
Kayaknya sih ini rumah buat para karyawan gitu. Tapi sebagian rumah kayaknya gak ada orangnya.
  • Poliklinik dan Rumah Sakit

Poliklinik + RS

Di dalam area Pertamina juga ada poliklinik sama rumah sakit. Jadi kalo sakit ato terluka gitu gak usah jauh-jauh cari pengobatan. Cukup mampir ke sini.
  • Sekolah

SD Patra Mandiri

Ternyata di dalam kompleks Pertamina ada sekolah juga. Tapi hanya SD sih. Namanya SD Patra Mandiri. Wah, karyawan-karyawan yang punya anak dan tinggal di perumahan Pertamina, mungkin pada disekolahkan di sini ya.
  • Taman Bermain

Hmmmm… asik juga nih ternyata nemu taman bermain di sini.. #masakecilkurangbahagia =P
  • Masjid

Mosque.. (from 3 points of view)

Masjid ini bernama Masjid Jauharul Iman. Terletak di pertengahan kompleks perumahan. Kayaknya di sini sering diadakan pengajian dan tauziyah gitu, buat para penghuni kompleks. Tapi saya jarang sholat di sini sih. Soalnya di dekat kantor tempat saya bekerja juga ada mushola, ini dia:

Musholla deket kantor, di deketnya ada toilet favoritnya Sunni πŸ˜›

  • Bank

BNI

Kayak ITB, di dalemnya ada bank BNI. Dan di luar kompleks Pertamina ini, kayaknya masih jarang-jarang juga ada bank, hohoho.. Kebanyakan sih Bank Daerah SUMSELBABEL.
  • Lapangan

Di deket masjid ada lapangan yang cukup luas juga. Bisa dipake buat ngapa-ngapain tuh. Di pinggirnya juga ada tribun buat penonton. Ah, sayang gak ada pasukan, jadi gak bisa main bola.. (kalopun ada, aku tetep gak bakal ikut sih πŸ˜› )

OK.. Sekian dulu deskripsi beberapa isi dari area Pertamina Plaju, Palembang. Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi sih yang mau saya tunjukkan. Mungkin, kapan-kapan bakal saya update.

Advertisements

17 comments on “Inilah Dia Pertamina Palembang..

  1. aheeyy
    lg browsing nyari foto gerbang depan beringin 1, ketemu blog ini. kantor aku dulu di gedung musicool, satu lantai sama IT πŸ˜€

  2. Selamat Sore, Pertamina dari photonya nggak ada tanaman besar ?…

    Boelvardnya juga nggak banyak pohonnya, gimana kalau saya punya solusi.

    Bibit Pohon pelindung Trembesi GRATISSS Boo untuk penghijauan PT Pertamina ( Pesero ) Refenery III Plaju Palembang.
    Gratis berupa Biji trembesi…….siapa PIC yang akan saya kontak di Pertamina ? atau
    Hubungi saya di 081532635600, 087897650001 PIC Siswoyo.

    • Mksh y hendra ats infonya, Mengingatknq atas kenangan manis, walau sdh bnyk yg lupa, tp kyknya msh ttp bangunan nya spt dulu, thx y hendra

  3. Pertamina Plaju. Banyak kenangan dengan Komplek pertamina Plaju. Tapi kini sudah tidak seperti dulu lagi. sudah sepi. dan banyak rumah yang kosong.
    tapi kenangan tentang masa kecil di komplek pertamina plaju tidak akan terlupakan. kalau pulang ke palembang pasti saya menyempatkan diri untuk mengunjungi Komplek Pertamina Plaju. Komplek Pertamina Plaju always Love You

    • Kalo untuk kerja praktek, tinggal telpon saja ke kantornya. Nanti diberi petunjuk buat pendaftarannya.
      Kalo buat jadi pegawai tetap, harus nunggu lowongan kerja dari sana. Kebetulan sekarang sedang ada lowongan BPS tuh (Bimbingan Profesi Sarjana) di Pertamina. Itu jadi langkah awal buat bisa kerja di sana.
      Good Luck.

  4. Ada lowongan trbaru gaak nih di sini….
    Saya mau ngelamr kerja dipertamina…..
    Kalo boleh tau syaratnya apa aja yaah..

  5. kalau mau KP di PERTAMINA (Persero) Refinery Unit III Plaju, Palembang, Sumatra Selatan, cara nya gimana ya?? boleh info donk

  6. saya lahir di Palembang dan dibesarkan serta menghabiskan masa kanak2 dan awal masa puber saya di Pertamina Plaju + Bagus Kuning… sampai sekrg saya masih mengingatnya dengan baik di setiap detailnya. Dan kemudian orang tua dipindah tugaskan ke Jakarta 1984, terakhir main2 ke Plaju tahun 1987… dan sekarang i missed it badly…

  7. halo min, saya dessy kebetulan mahasiswa dari univ. brawijaya dari jurusan Geofisika. saya kepengen banget KP di Pertamina Palembang, kira-kira bagaimana caranya ya min ?? mohon bimbingannya. terimakasihh

  8. hallo..menurut info yang saya dapatkan, untuk menuju ke pertamina plaju sangat rawan dengan pemalakan, apakah benar? mohon infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s