Memasuki Dunia Kartun

Salah satu hobi saya adalah bikin desain. Jiwa seni saya kayaknya memang cukup berkembang. Mungkin karena ayah saya dulu ada guru seni, sehingga bakatnya menurun kepada saya. Bedanya, ayah saya ahli menggambar dengan tangan, sedangkan saya dengan mouse, wkwkwk..

Dalam membuat desain, saya biasa menggunakan kakas Corel Draw, karena saya memang kurang begitu bisa pake Photoshop.  Corel Draw ini pun saya pelajari secara otodidak, berawal dari iseng-iseng dan coba-coba belaka. Saya biasanya cuma desain logo atau jaket gitu. Nah, untuk kali ini saya mencoba-coba membuat kartun. Yakni, kartun yang merupakan potret diri saya sendiri.

Karena saya kurang bisa menggambar secara langsung (kayak nggambar manga gitu), jadinya kartun ini saya buat dengan cara trace foto saya sendiri secara manual (bahasa jawanya: ngeblat) dengan Corel Draw.

trace amatiran =P

Karena saya masih cupu, tekniknya juga pake yang simpel-simpel aja. Untuk tiap bagian cukup lakukan trace ngikutin garis dengan B-spline tool, dirapikan, trus diwarnai, sama atur transparansi. Udah gitu doang, ditambah dengan beberapa penyesuaian. Dan saya tidak menggambar wajahnya secara detail, biar hasilnya sederhana saja kayak kartun pada umumnya.

Dan inilah dia hasilnyaaa…

jeng jeeeeeenggg…

Kartun H2c

Gimana gimana?

Mirip gak sama orang aslinya?? hehehe..

Maaf deh kalo masih kurang bagus, lagian ini juga nggambarnya cuma pake touchpad, gak pake mouse sama sekali. (Mouse saya rusak, hikz.. T.T *malah curcol :-P)

Oke deh, semoga bakat di bidang desain ini dapat terus berkembang. Dari yang sekedar kartun klasik, jadi bisa nggambar manga. Dari yang cuma bisa 2D jadi bisa 3D. Jadinya kan, ntar pas develop software gak perlu repot2 cari desainer, hehehe…

OK deh, sekian saja.. Ditunggu komentarnya.. Makasiiiih.. ^_^

2 comments on “Memasuki Dunia Kartun

Leave a Reply

