[Simulasi] Otak Manusia Mudah Dipengaruhi

Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak kamu, kamu dan kamu semua yang membaca ini untuk bermain-main. Cukup menarik kok untuk mengasah otak. Mungkin sudah banyak yang tau, permainan ini memang saya dapatkan dari salah satu teman. Dan karena unik, saya pun sering berbagi dengan teman2 saya yang lain. Pernah juga saya jadikan ice breaker saat mengisi seminar ataupun mengajar. Jadi di sini saya ingin berbagi kepada para pembaca blog ini. Selamat mencoba!!

Inti dari permainan ini adalah memotong kue. Jadi akan ada suatu kue dengan bentuk tertentu, lalu tugas Anda adalah membagi kue tersebut menjadi beberapa potongan yang sama ukuran dan bentuknya. Ingat, tepat sama ukuran dan bentuknya!! (biar adil gitcuu). Jadi, gunakan kreativitas kalian, OK?! Let’s start!!

(catatan: diharapkan Anda memikirkan sendiri dulu solusinya, tidak langsung melihat kunci jawaban)

Di sini ada kue berbentuk lingkaran:

Tugas Anda adalah membagi kue tersebut menjadi 2 potongan. Mudah kan..

Bagaimana kalau dibagi jadi 3 potongan? Pasti bisa donk..

4 potongan? Berhasil lah yaa…

Yapz, saya yakin hasil potongan yang kalian pikirkan kira2 seperti ini:

Udah paham kan cara mainnya.. OK, sekarang menuju soal selanjutnya. Yang kita punya adalah sebuah persegi, tetapi seperempat bagiannya tidak ada, seperti ini: (abaikan bagian berwarna hitam)

Sudah kebayang kan seperti apa bentuk kuenya.. Nah, bagaimana cara memotong kue itu jadi 2 bagian? Saya yakin pasti seperti ini.

Trus kalo dibagi jadi 3 bagian gimana? Kayak gini kaan..

 

OK, menuju pertanyaan selanjutnya. Kuenya berbentuk persegi:


Sekarang potong menjadi 4 bagian!! Wah, gampang banget, bisa kayak gini kan motongnya.

Sekarang kalo kue perseginya bolong di tengah kayak gini?

Bagaimana cara membagi jadi 4 potongan? Hahaha, mirip kayak yang tadi..

OK OK, apakah kalian berhasil menjawab semuanya dengan benar?! Waah, berarti udah pada pintar-pintar semua nih.. Hebat!! Applause buat kalian, plok plok plok *apasih

.

**************

NAIK LEVEL

**************

Nah, berhubung udah pada paham cara bermainnya, sekarang kita menuju ke soal-soal yang lebih sulit. Sekarang kembali ke bentuk kue yang tadi:

Tugas kalian adalah membagi kue tersebut menjadi 4 potongan yang sama ukuran dan bentuknya. Hayoooo bisa enggak?!?! Dicoba dulu deh..

Ada yang merasa susah, nih saya kasih satu clue, bentuk potongannya kayak gini niih..

Masih tetep gak bisa? Nih ditambahin satu clue lagi.. baik hati kaan diriku, fufufu..

Yap, pasti udah pada bisa kaan, ini dia SOLUSINYA!!

Yeah, kamu sekalian emang hebat lah.. Sekarang menuju soal terakhir..

Soal yang paling SUSAH!!

Butuh kreativitas tingkat tinggi!!

Dan saya baru bisa mengakui kalian benar2 hebat kalo bisa menemukan solusi nya kurang dari 9.27 detik!!

Berani menerima tantangan?!

Ini dia bentuk kue nya:

Yups, kuenya persegi.. Nah, tugas kalian adalah membaginya jadi lima bagian!! Ayo, cepat temukan caranya.. 9.27 detik!!

Gimana gimana.. kamu berhasil?! Hebat euy.. Ato ada yang masih belum ketemu?! Ayo dipikir dulu deeh..

Ato malah udah nyerah? Ini diaa SOLUSI GOKIL nyaaaa…

Tuh, sangat mudah kan sebenarnya. Bagi yang justru bingung di soal terakhir ini, itu karena sudah terpengaruh dengan soal-soal sebelumnya. Andaikan langsung disuruh menyelesaikan soal terakhir, saya yakin akan terasa sangat mudah.

Manusia mempunyai kecerdasan yang luar bisa karena memiliki kekuatan otak yang luar biasa pula. Namun tetap saja otak kita mudah dipengaruhi. Mungkin dalam keadaan tidak sadar seperti dengan hipnotis. Bisa pula dalam keadaan sadar karena memang pengaruh dari lingkungan.

Jadi, saat kita kebingungan dalam menghadapi suatu masalah, cobalah berpikir jernih. Hilangkan pengaruh-pengaruh yang dapat menghambat kalian. Lihat masalah dari sudut pandang lain, cobalah berpikir out of the box. Saya yakin, ada suatu titik cerah di mana masalah itu justru terasa mudah dan tidak terlalu membebani.

I think that’s all.. Semoga bermanfaat.

Advertisements

13 comments on “[Simulasi] Otak Manusia Mudah Dipengaruhi

  1. Pingback: Simulasi otak « BERKAH USAHA

  2. sebenernya karena kamu menganggapnya sebagai SOLUSI GOKIL akhirnya saya jadi nggak ketipu..
    *serius deh…

    tapi lucu kok..
    ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s