Kenalan sama Nonogram yukk.. : Menggambar Lewat Angka

Apakah kamu tau apa itu nonogram? Ini adalah sebuah permainan teka-teki sederhana dari Jepang. Memang kedengarannya asing dan tidak cukup dikenal, maka dari itu saya membahasnya di sini, biar pada kenal. Penasaran? Makanyaa, baca sampai akhir yaa.. (lumayan buat iseng-iseng)

Perkenalan pertamaku dengan nonogram diawali dari tugas dari salah satu mata kuliah yang aku ambil. Yakni tugas untuk membuat makalah tentang pengaplikasian algoritma. Dan yang terlintas di pikiran saya adalah mengaplikasikan algoritma untuk menyelesaikan suatu permainan teka-teki. Saya memang terobsesi dengan penemuan solusi puzzle melalui komputer, karena seakan-akan saya akan merancang suatu kecerdasan buatan.

Masalah selanjutnya yaitu: game apa yang akan saya selesaikan? Yang bikin sulit untuk memilih game adalah spek bahwa topik yang dipilih harus belum pernah dibuat di tahun-tahun sebelumnya. And you know what?!?! Setiap kepikiran ide topik, selalu saja sudah ada senior yang pernah pake tuh topik. Ya wajar lah, udah berapa tahun mata kuliah ini ada. Yan g berarti udah ada berapa angkatan yang mendapat tugas ini, padahal satu angkatan aja isinya berapa puluh orang tuh. Jadi ya tidak heran jika berbagai game yang ada udah pernah ‘dieksekusi’. Mulai dari game-game klasiknya windows kayak klotski (à yang ini udah dijadiin tubes), solitaire, freecell,go figure, tetravex, etc.. Hingga game asing dari hasil gugling kayak kakuro dan futoshiki pun sudah ada yang buat. Capek deeh..

Setelah pencarian yang cukup melelahkan *halah, akhirnya nasib dan Mbah Gugel mempertemukanku dengan si Nonogram. Jadi kayak apa sih nonogram itu?

Permainan nonogram dikenal juga dengan berbagai nama, antara lain: griddlers, pixel puzzles, paint by numbers, dsb. Game ini sejenis dengan sudoku, kakuro, dan futoshiki. Yakni termasuk paper-based puzzle game (permainan teka-teki yang bisa dimainkan hanya dengan kertas dan pensil).

Pada sebuah puzzle nonogram, terdapat sebuah  matriks dua dimensi, dan setiap sel dapat diwarnai atau dibiarkan kosong berdasarkan sequence bilangan-bilangan sebagai “clue yang tertera di sekeliling matriks tersebut. Bilangan-bilangan tersebut menyatakan kelompok sel berwarna yang harus berada pada sebuah baris atau kolom.

Contohnya, jika sebuah baris memiliki clue [3 1 2], maka pada baris tersebut harus terdapat sebuah kelompok yang terdiri dari 3 sel berwarna, diikuti oleh sebuah kelompok yang terdiri dari 1 sel berwarna, dan diakhiri dengan sebuah kelompok yang terdiri dari 2 sel berwarna. Masing-masing kelompok harus dipisah oleh sekurangnya sebuah sel yang kosong.

Biasanya, sebuah puzzle nonogram hanya memiliki sebuah solusi unik yang sesuai dengan semua clue yang diberikan. Jika semua sel telah ditentukan diisi warna atau kosong, maka solusi berupa sebuah gambar yang muncul pada matriks tersebut. Jadi inti dari permainan ini adalah menentukan sel mana saja dalam matrik yang akan diwarnai berdasarkan petunjuk bilangan-bilangan yang diberikan di sekitar matrik. Sehingga kumpulan piksel tersebut akan membentuk gambar.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dalam gambar berikut:

Contoh Soal dan Solusi Nonogram

Dalam pengembangannya, pengisian warna di sel nonogram ini bisa bervariasi (tidak hanya satu warna), sehingga gambar yang dihasilkan bisa lebih menarik. Misalnya pada gambar berikut:

Nonogram versi berwarna

Naah, udah ngerti kan kayak apa itu nonogram, dan apa yang harus kita lakukan untuk menyelesaikannya. Sekarang pertanyaannya, gimana teknik buat nemuin solusinya? Ada banyak kok metodenya.. Misalnya, untuk mengawali permainan, bisa digunakan beberapa trik berikut:

Contoh-Contoh Trik Mewarnai Sel Nonogram

Gimana kalo komputer yang ngerjain? Di makalah yang saya buat, digunakan algoritma backtracking. [tapi gak usah dibahas deh, bikin pusing, soalnya ini merupakan NP-complete problem =P]

Jadi intinya, kamu yang baca ini sudah kenalan dengan nonogram alias griddlers ini kaan.. Kalo ingin tau lebih banyak, atau mau download game nya, silakan gugling sendiri, hihihii… Lumayan lho, mengisi waktu luang dengan main gam-game logika kayak gini, biar pola pikir otaknya terasah..

I think that’s all, thank you

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s