Oh.. S N P T I.. (ada apa di balik sana?)

Wah, hari ini penyisihan OSN-PTI 2010.. (udah taun ketiga deh yaa)

Bagi yang belum tau, OSN-PTI (= Olimpiade Sains Nasional – Perguruan Tinggi Indonesia) adalah kompetisi Sains yang diadain sama Pertamina buat para mahasiswa S1. Taun lalu ada 3 pilihan bidang (matematika, kimia, fisika). Taun ini ditambah sama biologi.

Untuk taun ini, berhubung saya udah gak boleh ikut yang bidang matematika, kemaren2 niatnya ikut yang kimia ato biologi gitu. iseng-iseng lah, lumayan dapet kaos gratis.. (jarang-jarang lho ada kompetisi yang dari awal langsung dapet kaos gratis)

Tapi ternyata walaupun udah ndaftar, tetep aja gak ada di daftar peserta. Emang sih aku ndaftarnya di akhir2, udah penuh kali quotanya.. Tapi, that’s okay lah.. Kayaknya emang gak ditakdirkan buat bolos kuliah, hehehe…

Nah, yang menarik dari OSN-PTI ini, yaitu soal penyisihannya pilihan ganda..

Jadi gak perlu pinter buat njawab, yang penting teliti, beruntung, n kreatif buat nembak jawaban, hahaha.. Terbukti kok, orang yang bahkan gak pernah mempelajari materi silabusnya bisa lolos –> contohnya aku, wkwkwk

Nih contoh beberapa soal yang keliatannya susah, ternyata menjadi sangat mudah gara2 tipenya pilihan ganda:

Seorang pengrajin kotak sabun spa akan membuat kotak tanpa penutup kotak yang lebarnya 2 kali panjangnya. Volume kotak yang diinginkan adalah 36 cm3. Dimensi kotak yang memerlukan material minimum adalah…
A. 6 cm, 3 cm, 1 cm
B. 5 cm, 4 cm, 1 cm
C. 6 cm, 3 cm, 2 cm
D. 5 cm, 3 cm, 2 cm
E. 6 cm, 4 cm, 1 cm
(Soal Penyisihan OSN-PTI 2009 no 41)
Yang di atas adalah salah satu soal penyisihan tahun lalu. Sepintas terlihat susah.. Wah minimisasi.. Bakal pake turunan, kalkulus dan sebagainya nih..
Tapi jika dilihat pilihan jawabannya, ternyata satu-satunya yang memberikan volume 36 cuma pilihan C.. Sangat mudah ditebak ternyata, hahaha…
Masih banyak soal2 yang mudah ‘ditembak‘ kayak gitu di taun2 sebelumnya.. Dan ternyata, soal taun ini pun juga banyak..
Setelah pinjem soal dari temen yang ikut, kami temukan beberapa soal jayuz juga.
Jika x, y adalah bilangan bulat yang memenuhi 3456x + 246y = 73. Maka x+y=…
a. -2
b. 0
c. 1
d. 3
e. Tidak ada jawaban yang benar
(Soal Penyisihan OSN-PTI 2010 no 36)
Soal-soal tipe kombinasi linear seperti itu biasanya diselesaikan dengan algoritma euclid.. Tapi ternyata soal di atas tidak seribet itu. Jelas bahwa 3456x genap, dan 246y genap. Jadi kalo dijumlahkan pasti genap juga. Sedangkan 73 ganjil.. Jadi ya gak mungkin tho..
Ih, ngapain sih ndra, mbahas-mbahas soal kok di sini?!?! Freak deh!!
Hohoho.. Gak bermaksud demikian kok.. Di balik ke-geje-an di atas, ada hikmah yang kita ambil.. Terlihat bahwa soal-soal yang terlihat susah pun bisa menjadi jauh lebih mudah, apalagi jika disediakan opsi-opsi jawaban.. Bagi yang tidak mau mencoba, pasti males deh ngerjainnya..

Analogikan dengan kehidupan kita. Tiap orang pasti mengalami masalah dan kesulitan. Dan apa yang kita lakukan ketika menghadapi masalah yang cukup besar?

Frustasi??
Melarikan diri??
atau bahkan menyerah???

Hey, pikir dua kali kawan.. (tujuh belas kali kalo masih kurang)
Semua masalah ada solusinya.. Analisis dulu masalahnya, jangan lantas menyerah.. Siapa tahu ada hal-hal di baliknya yang bis menjadikan masalah tersebut sederhana.. Atau lihat alternatif-alternatif solusi yang mungkin bisa jadi peluang untuk mempermudah pengambilan keputusan…
So.. Just Take It Easy pren..

OK, finally.. Buat yang ikutan OSN-PTI.. semoga mendapatkan hasil yang terbaik..
Bagi yang nantinya lolos, manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. Banyak hal yang bisa kita dapat dari ajang ini.. Pengalaman baru.. Teman baru.. Ilmu baru.. Jaket baru.. =P
Dan yang jelas, nama Anda telah tercatat di Pertamina.. Siapa sih yang gak kenal Pertamina, hohoho.. raja minyaknya Indonesia..
I think that’s all..  Semoga bermanfaat..
Makasih buat yang udah nyempetin baca (apalagi mau meninggalkan komentar) =P
(wave)
Advertisements

6 comments on “Oh.. S N P T I.. (ada apa di balik sana?)

  1. hahaaha,,, benner bgt bang Khoir…

    ngrjain soal PG OSN PTI jg gk nguras otak,,, pa lg waktu ngrjainnya lama amiiit…

    sgala ssuatu jika dsenangi akn trasa mudah untk dhadapi…

    thx…thx… notenya bermaNFaat…

    • Utang opo thoo.. Pancen kamu aja yg emang mendewi kok, hahaha…
      Hebat yaa, iseng aja lolos, apalagi serius, fufufu..
      Ayo Mon, berusaha lebih keras di nasional.. Kamu membawa nama UGM lho..
      (goodluck)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s