Üçüncü. Yang Jadul, dan Yang Pintar

Tau Benteng Vredeburg? Tau Taman Pintar?

Yak, itulah destinasi jalan-jalan kami pada hari ketiga ketika di Jogja.

Ok, di tulisan-tulisan sebelumnya sudah saya kisahkan 2 hari pertama perjalanan bersama kawan-kawan SMA. Dan inilah bagian terakhir, agenda 3 Agustus 2010.

  • Benteng Vredeburg

Ini bukan Benteng Takeshi, bukan Benteng Catur, apalagi Benteng Kecil di Langit yang Tinggi. Ini adalah Benteng Vredeburg, dan bukan merupakan benteng biasa. Benteng yang merupakan peninggalan Belanda itu sekarang telah dijadikan museum. Benteng yang selesai dibangun tahun 1787 itu, dulu namanya ‘Rustenburg’ yang berarti ‘Benteng Peristirahatan’. Lalu (lupa tahun berapa) dilakukan pemugaran dan diganti namanya menjadi Vredeburg yang artinya ‘Benteng Perdamaian’.

Ketika memasuki museum benteng ini, saya serasa diajak kembali ke masa-masa kompeni. Bangunan-bangunan yang masih bernuansa tempoe doeloe. Ditambah dengan diorama-diorama yang menceritakan sejarah negeri ini.

Salah satu diorama di benteng Vredeburg

Saat di sana, terlihat banyak anak-anak sekolah yang sedang study tour. Anak-anak SD itu begitu senang melihat-lihat diorama di sana. Walaupun sebagian ada yang malah main lari-larian, kejar-kejaran, ngesot-ngesotan, dan cakar-cakaran (—> yang ini enggak kok, hehehe…). Bagus lah Benteng Vredeburg ini bisa menjadi salah satu sarana untuk mengingatkan kembali tentang sejarah. Setidaknya dengan mengetahui sejarah negeri ini, kita dapat memahami perjuangan para pahlawan yang meng’upgrade’ bangsa ini dari penjajahan menjadi negeri yang damai dan merdeka.

  • Taman Pintar

Wow, ada dinosaurus!!

Setelah dari museum yang identik dengan masa lampau, kami beranjak menuju masa modern. Yakni ke taman pintar. Walaupun di bilang pintar, sebenarnya taman tersebut tidak pernah bersekolah, membaca buku, apalagi menang olimpiade (apa-apaan sih?!?!). Namun, bagi para pengunjung yang datang ke sana, kalian akan terhibur dengan berbagai wahana menarik yang bisa dimainkan, dan tentu saja.. menambah wawasan. Jadi kayak slogannya Bobo, bermain sambil menghajar. Upz, bermain sambil belajar dink.. (hajar ilmunya maksudnyee, huehehe)

Wahana di taman pintar ini tersebar di beberapa gedung dengan tiket yang berbeda-beda. Ada gedung oval, gedung kotak,.. (apa lagi yaaa? Lupa euy). Namun bagi yang males keluar duit, ga usah khawatir. Karena di halaman luar pun sudah ada banyak wahana edukasi yang disajikan, misalnya dinding berdendang, sistem katrol, dll.

 

  • Over All

Tidak sia-sia lah Jogjakarta disebut kota pelajar dan kota kebudayaan. Banyak sarana dan pra-sarana yang dapat menunjang kreativitas dan kemampuan kita. Nilai seni dan budaya di sana memang sudah sepatutnya dilestarikan agar kekayaan negeri ini tetap bertahan.

Setelah puas main-main di taman pintar, kami makan siang sambil jalan-jalan di malioboro (tapi gak sempet belanja apa-apa, fufufuu). Dan malamnya kami makan-makan, bersama teman kami yang lain yaitu Rizky ‘Omon’, Ginta, dan Dina.

Itulah malam terakhir kami bersama-sama.. Semoga kapan-kapan diberi kesempatan untuk berkumpul bersama lagi. Dengan teman-teman yang lengkap. Yanuar, iis, kami tunggu kedatangan kalian, huahaha…

Dan keesokan harinya, 4 Agustus 2010, saya pulang kampung ke Sragen. Dan saya mulai menunjukkan gejala mau tepar. Kecapekan kali yaa…

OK, I think that’s all our adventure @Jogjakarta. Mohon maaf kalo banyak event tak sempat dituliskan, banyak kesan tak sempat tersampaikan, banyak hikmah tak sempat tersalurkan.. Semoga untuk selanjutnya, bisa lebih baik lagi..

YOU ARE ALWAYS BE IN MY HEART.. MY FRIENDS!!!

Advertisements

2 comments on “Üçüncü. Yang Jadul, dan Yang Pintar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s