Magical Illusion: Gak Semua yang Lo Lihat itu Bener

Aku memang seorang yang terobsesi dengan dunia magic. Oleh karena itu, aku cukup tertarik mengamati, bahkan mempelajari berbagai trik sulap. Mungkin beberapa teman saya sudah sering saja jadikan tumbal objek percobaan untuk menguji keahlian sulap yang saya lakukan. Mulai dari trik yang cupu hingga yang lebih cupu lagi.. =P

Di sini, yang akan saya share adalah sebuah gambar yang memiliki ‘kekuatan magis’. Gambar ini saya temukan dari dunia maya beberapa masa silam (kapan ya? kayaknya sih pas tingkat satu di ITB, saya juga lupa, wkwkwk). Mungkin beberapa sudah pernah melihat gambar ini, tapi pasti ada juga yang belum. Semoga berkesan, karena menurut saya gambar berikut sangat keren dan unik. Kolaborasi antara kekontrasan warna, seni 2D, dan ilusi. Namun kekuatan magis dari gambar ini hanya terlihat jika pada keadaan normal, gambarnya terlihat gede (jadi dibuka pake komputer gitu, bukan pake hape). Berikut gambarnya:

Perhatikan gambar di atas. Pada keadaan normal, seharusnya terlihat 2 gambar wajah. Yang kiri adalah wajah seorang kakek pemarah, dan yang kanan adalah wajar seorang tante yang kalem.

Namun apa yang terjadi ketika gambar ini dilihat dari jauh?

Silakan mundur, menjauh dari gambar ini, kira-kira 5 meter (kalo males pindah-pindah, cukup zoom out gambarnya sehingga jadi kelihatan kecil). Lihat lagi gambar tersebut. Apakah kamu melihat seperti apa yang aku lihat?!

GAMBARNYA BERTUKAR!!!

kakek pemarah pindah ke kanan, sedangkan yang kiri menjadi sang tante yang kalem..

Sampai sekarang saya juga belum memahami konsep pencahayaan dan pewarnaan yang dapat menjelaskan bagaimana kekuatan magis tersebut bisa terjadi. Yang jelas, saya masih terkagum-kagum dengan kehebatan seniman yang membuat gambar tersebut. Sungguh karya seni yang mendewa!!

Dari situ, dapat kita petik suatu hikmah.

Jangan terlalu percaya dengan apa yang kita lihat. Ilusi dapat dengan mudah terjadi. Suatu hal bisa menjadi sesuatu yang berbeda jika dilihat dari posisi dan sudut pandang yang berbeda.

OK, sekian saja..  semoga menghibur dan bermanfaat. Sori kalo GeJe..

Ditunggu komentarnya..

See ya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s