Ati2 ketipu.. Facebook tak selamanya aman..

Tadi saya baca note salah satu teman saya yang berjudul “MODUS PENIPUAN LEWAT FACEBOOK…” (mungkin sudah banyak yang baca), ternyata beliau ini hampir menjadi korban penipuan via facebook.. Dan modusnya pun unik dan tak terduga, melalui chat facebook..

Biar gak terkesan repost, ato memanipulasi fakta, langsung saya printscreen kan sebagian note beliau:

Note teman saya yang 'diserang' penipuan via facebook

bagi yang susah baca di gambar, saya perjelas saja, modusnya tuh, ngehack facebook teman korban,  ngajak chatting korban, bilang sedang butuh pulsa, lalu minta dikirimi pulsa ke korban dan berjanji akan mengganti uangnya..

Bagi yang tidak berhati-hati pasti percaya begitu saja dan segera mengirimkan pulsa (demi menolong teman yang kesusahan gituu).. Untung teman saya ini curiga, karena memang si penipu tidak mau memberikan nomor hapenya, dia malah memaksa, minta agar  nomor voucher pulsanya yang dikirim via chatting…

Kecurigaan bertambah saat teman saya itu menanyakan pertanyaan2 yang seharusnya bisa dia jawab kalo memang benar2 temannya, dan ternyata tidak satupun pertanyaan bisa dijawab.. Akhirnya ketahuan lah kalo yang chatting itu bukan benar2 temannya… Dia adalah oknum yang mengHACK akun fesbuk orang, dan berusaha melakukan penipuan..

Ilmu dan teknologi semakin berkembang, banyak cara bisa dilakukan orang untuk mengetahui password milik orang lain, atau bahkan menjebol sistem keamanan secara langsung.. Banyak teman saya sudah menjadi korban hack, dimana akun yang dimiliki sudah tidak bisa dibuka lagi, mungkin sudah diubah passwordnya..

Jadi hati-hati jika suatu ketika mengalami kejadian serupa.. Jika teman anda mengajak chat, dan terlihat mencurigakan, waspadalah!! Siapa tahu dia adalah ‘hacker’ yang menjebol, masuk akun orang lain dan memanfaatkannya secara tidak bertanggung jawab.. Lebih baik pastikan dulu dia benar2 teman Anda, daripada terjadi hal2 yang tidak diinginkan..

sekian, CMIIW

Doakan saya tidak menyalahgunakan ilmu yang saya miliki, hihihiii..

matur tengkyu..

2 comments on “Ati2 ketipu.. Facebook tak selamanya aman..

Leave a Reply

