Ikutan Workshop Multipoint

pada Minggu, 9 Mei 2010

Jam 9 pagi ada workshop “Windows Multipoint: Technical Deep Dive” yang diadain oleh Microsoft Indonesia. Pas datang ke lantai 2 labtek VIII, lokasi acaranya, sempat ada masalah. Ketika daftar ulang ternyata saya belum terdaftar, mungkin karena quota sudah penuh. Memang sih, saya mendaftar via e-mail nya ketika mendekati deadline (kebiasaan deh, hihihii). Untung saja kakaknya baik hati, saya tetap diperbolehkan masuk.

Suasana saat workshop multipoint.. hufft.. penuh kodingan...

Cukup banyak wawasan yang didapat dari workshop ini. Pertama-tama kami dijelaskan tentang 5W+1H nya Windows Multipoint oleh Mas Puja, dewanya IF lah.. Dalam penjelasannya, disebutkan bahwa di daerah2 tertentu, tidak semua orang dapat menikmati komputer. Misalnya pada sekolah di desa, hanya ada 1 komputer untuk dipakai bersama. Misal ada beberapa siswa yang ingin menggunakanny,a tentu mereka harus bergantian karena hanya ada 1 mouse untuk menggerakkan kursor.  Dari hal ini lah, multipoint ini diciptakan. Yakni dalam satu komputer, bisa terdapat lebih dari  satu mouse yang masing2 mengendalikan sebuah pointer. Dengan begitu beberapa siswa dapat bermain bersama tanpa menunggu giliran, sehingga lebih efisien. Daripada menghabiskan biaya untuk membeli beberapa set komputer baru, tentu jauh hemat jika cukup dengan membeli beberapa mouse.

Sesi selanjutnya adalah demo multipoint oleh Mas Samsu. Di sini kami diajak membuat game tebak kartu dalam mode multiplayer. Game tersebut dibuat dengan bahasa xaml dan C#. Hasilnya cukup menarik, walaupun saya kurang mengerti kodenya, panjang euy..

Dan sesi terakhir yaitu memperindah game yang dibuat dengan Microsoft Blend, yakni memberikan efek grafis dan menambahkan animasi sehingga lebih menarik. Sesi ini dipimpin oleh Mas Jansen. Jadi program sehebat apapun kalau kemasannya kurang menarik tentu saja tidak laku..

Workshop tersebut memberi saya inspirasi untuk terus berkarya dam menciptakan inovasi di dunia informatika. Suatu saat, saya bertekad menciptakan suatu aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga terkabul lah, insya Allah..

Sekian untuk postingan ini.. Matur tenkyu..

CMIIW

Advertisements

4 comments on “Ikutan Workshop Multipoint

  1. Kayaknya keren. Jadi komputer bisa dipake buat dua orang ya…
    Tapi layarnya mesti gede/lebar dunx. Hm,,

    Seru nih, nyesel gak ikut woksopnya.
    Keren buat Pengabdian Masyarakat,

    • Iya, teknologinya keren n kreatif..
      Benar juga sih, kalo buat layar kecil kurang cocok.. Abis itu, spec minimumnya juga harus dipenuhi,.. Paling tidak OSnya Windows XP SP2.. Laptopku baru SP2, jadi gak bisa, hikz..

      Tuh, ada handout n CDnya kok, tinggal pinjem n copy aja kalo mau..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s