Lomba 17 Agustusan di Awal Juli

Pagi ini anak-anak di lingkungan RW 10 Cisitu Lama, Bandung pada berduyun-duyun menuju lapangan voli di Cisitu Lama gang V. Ada apa gerangan? Ooh, ternyata sedang diadakan lomba 17Agustusan.. Memang, setiap tahun biasanya diadakan lomba untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia tersebut.

Loh, sekarang kan masih awal Juli?!?! Kok udah ada lomba 17 Agustus??

Yak, seperti tahun-tahun sebelumnya, 17 Agustus jatuh pada bulan Ramadhan. Jadi para panitia 17an memutuskan untuk menyelenggarakan lombanya lebih awal. Apalagi sekarang sedang musim liburan, jadi anak-anak bisa mengikuti lomba dengan ceria tanpa perlu mikirin PR ataupun sekolah. :-P. Kasian nanti kalo lombanya pas puasa, bisa-bisa anak-anak yang pada lomba jadi males-malesan. Ato terlalu semangat, terus kecapekan, yang terjadi malah pada gak pada puasa. Kan sebaiknya sejak kecil anak-anak sudah diajari untuk berpuasa sehari penuh.

Berhubung tempat kos saya juga di gang V, saya pun ikut melihat-lihat lombanya. Rame banget ternyata, puluhan anak-anak antusias untuk ikut lomba. Ibu-ibu pun juga turut menonton dan menyemangati anak-anaknya yang ikut lomba. Ada banyak lomba yang diadakan. Standar sih, mulai dari lomba makan kerupuk, balap karung, minum air pake sedotan, bawa kelereng pake sendok, dan lain sebagainya. Cukup seru dan lucu melihat anak-anak berjuang biar bisa menang..

Budaya seperti ini memang sebaiknya dipertahankan. Selain untuk mengenang kemerdekaan Indonesia, adanya lomba 17an juga dapat mempererat kekeluargaan antar warga. Anak-anak pun bisa mengisi liburan dengan kegiatan positif dan menyenangkan, bisa bermain-main dengan para tetangga..

Perjuangan seorang anak untuk bisa makan sesuap kerupuk :-P

Lomba mecahin plastik berisi air dengan mata tertutup.    Eh eh si pemain paling kiri malah mau ke mana tuh??

Demikian lah suasana lomba 17an di RW 10 Cisitu Lama. Bagaimana di tempat kamu??

 

About these ads

One comment on “Lomba 17 Agustusan di Awal Juli

  1. Masa kecil saya di Cisitu…rumah kakek saya persis di samping lapangan volly, tapi sekarang saya sudah tinggal di Jakarta dan yg menyedihkan rumah kakek saya sudah di jual.. :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s